top of page
  • Writer's picturemedia arah

Tips Agar Membaca Lebih Konsentrasi dan Efektif ala Arah


Sumber : Getty images | Grafis : Zaldi

Arah Media - Salah satu tantangan terbesar saat membaca ataupun belajar adalah mempertahankan konsentrasi. Banyak orang merasa sulit untuk berkonsentrasi dan fokus saat membaca. Nah jika kamu memiliki hobi membaca buku atau perlu belajar tapi masih merasa sulit untuk bisa fokus, tips dari Arah kali ini mungkin bisa sangat membantumu.


Satu hal yang wajib untuk dilakukan lebih dulu adalah mengetahui apa tujuan dari kegiatan membaca. Membaca sebagai hiburan dan membaca untuk belajar tentu berbeda. Misalnya ketika membaca buku dari penulis favorit, biasanya orang-orang akan cenderung menikmatinya tanpa terlalu memikirkan kosa kata yang sulit atau asing.


Namun akan beda ceritanya ketika kita harus membaca untuk memahami materi dari buku teks. Biasanya akan membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama dan konsentrasi yang baik. Melansir Pidjar, dengan mengetahui apa tujuan membaca, pemahaman terhadap teks ternyata dapat menjadi lebih baik.


Setelah mengetahui apa tujuan dari kegiatan membaca yang akan dilakukan, kamu bisa menggunakan tips-tips dari Arah Media berikut ini untuk lebih fokus dan efektif saat membaca. Baik itu sebagai hiburan atau belajar.


1. Membaca di tempat yang minim gangguan


Jika sahabat Arah merupakan tipe orang yang sangat mudah terdistraksi, baik oleh suara maupun keberadaan orang lain, kamu bisa coba membaca di tempat yang hening dan sepi. Karena saat ini pergi keluar rumah dibatasi, membaca dapat dilakukan di kamarmu ketika penghuni rumah sedang beristirahat.


2. Setel lagu iringan supaya tenang


Nah tips kedua ini bukan untuk orang yang mudah terdistraksi ya. Melainkan untuk sahabat Arah yang kurang suka hening tapi tetap perlu fokus. Musik-musik klasik instrumental bisa jadi salah satu contoh lagu iringannya.


3. Gunakan teknik Pomodoro


Meski belum begitu familiar, teknik Pomodoro ini nyatanya cukup membantu untuk mengatur waktu terutama saat membaca untuk belajar. Pada dasarnya, kamu hanya perlu memasang timer (25 menit) untuk menuntaskan target baca yang kamu telah susun. Setelah 25 menit, beristirahatlah selama 5-10 menit. Saat istirahat ini kamu baru bisa menggunakan ponsel.


4. Atur jarak pandang baca dan cahaya


Seperti yang kita tahu, dalam melakukan kegiatan membaca seharusnya kita atur juga jarak pandangnya. Melansir Optik Seis, jarak ideal membaca buku adalah 30 cm. Hal ini perlu diterapkan untuk mencegah resiko penyakit mata seperti rabun dekat. Hindari juga membaca sambil tiduran karena dapat pula beresiko bagi kesehatan mata. Tak hanya jarak pandang, cahaya yang cukup pun juga sangat berpengaruh. Jangan sampai terlalu redup maupun terang.


5. Ketahui ide utamanya


Tips nomor 5 ini sangat cocok ketika kamu sedang membaca buku untuk tujuan belajar. Menjadi penting untuk mengetahui maksud dari setiap paragraf sehingga perlu untuk mengetahui ide pokok/ utamanya. Untuk itu, kamu dapat memberi highlight menggunakan stabilo warna atau garis bawah menggunakan pensil.


6. Membaca cepat (skimming)


Selain menggunakan teknik Pomodoro, teknik membaca skimming juga menjadi cara supaya membaca lebih efektif dan tidak terlalu memakan waktu. Melansir Pidjar, skimming dilakukan dengan berfokus pada beberapa kata atau istilah yang muncul di awal dan akhir kalimat saja.


Nah itu tadi enam tips dari Arah Media untuk mengoptimalkan kegiatan bacamu agar lebih fokus, konsentrasi, dan efektif. Jangan lupa juga untuk selalu sedia air putih supaya badan tetap terhidrasi dengan baik.(Dhanty)






Editor : Intan


3 views0 comments

Opmerkingen


Post: Blog2_Post
bottom of page