top of page
  • Writer's picturemedia arah

Tips Untuk Memulai Hobi Membaca Buku ala Arah Media


Sumber :dosenpendidikan.com | Grafis : Dhanty

Yogyakarta, Arah Media – Menurut UNESCO, Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Berasarkan data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, cuma satu orang yang rajin membaca. Sementara dalam riset yang bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University dinyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.


Kebiasaan membaca buku sudah seharusnya ditanamkan sejak dini, karena memiliki kebiasaan membaca memberikan dampak yang baik. Membaca buku dapat meningkatkan kinerja otak serta memberi wawasan yang luas dan lebih peka dalam menyikapi suatu informasi.


Namun bagi sebagian orang, membaca merupakan suatu hal yang tidak mudah. Rasa kantuk hingga jenuh yang acap kali muncul ketika sudah dihadapkan dengan sebuah buku menjadi beberapa diantara kesulitan dalam mulai suka membaca.


Bagi kamu yang ingin memulai kebiasan membaca buku, berikut ini ada tips dari Arah Media untuk memulai hobi membaca.


1. Tumbuh dan tingkatkan rasa ingin tahu


Ketika kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan suatu hal, maka semakin tinggi pula usaha kamu untuk mencari informasi terkait hal tersebut.


2. Menentukan buku yang sesuai keinginan


Untuk memulai membaca, sudah sebaiknya kamu memilih buku yang sesuai dengan keinginan dan passion. Ketika kamu senang akan suatu hal, misal suka tentang olahraga dan gaya hidup, maka kamu mulailah membaca buku yang berkaitan dengan hal tersebut. Tentu hal ini dapat memicu rasa senang dan semangat ketika membaca.


3. Mulailah dengan buku yang topik dan bahasanya tidak terlalu berat


Ketika dihadapkan dengan tulisan yang sulit kamu pahami, maka cenderung akan merasa jenuh dengan apa yang kamu baca.


4. Mencari informasi mengenai buku yang bagus


Tidak ada salahnya untuk mencari informasi tentang suatu buku yang akan kamu baca. Kamu bisa menanyakan pendapat atau review dari orang yang sudah membaca buku itu sebelumnya.


5. Tentukan jadwal rutin untuk membaca buku


Membaca buku tidaklah mudah, kamu haru meluangkan waktu yang cukup untuk bisa membaca buku. Menentukan jadwal khusus untuk membaca merupakan hal yang penting agar tetap terartur untuk membaca. Sering kali orang berhenti membaca buku karena pengaturan jadwal yang kurang efektif dan mereka kurang mampu untuk konsentrasi pada bacaannya. Sisihkan waktu sedikitnya paling tidak 15 menit untuk membaca buku tanpa melakukan aktivitas lainnya agar fokus dengan apa yang dibaca.


6. Tentukan tempat dan suasana yang nyaman


Suasana dan tempat yang nyaman sangat mempengaruhi kegiatan membaca kamu. Setiap orang tentu punya versi nyamannya masing-masing. Ketika kamu merasa nyaman saat membaca buku, maka semakin bersemangat pula untuk memahami isi dari tiap halaman dari buku tersebut.


7. Konsisten


Terakhir, konsistenlah dalam membaca buku agar membaca buku dapat menjadi sebuah kebiasaan baru.


Itulah beberapa tips dari Arah Media untuk kamu yang baru mulai hobi membaca buku. Sangat tidak ada ruginya kita menjadi seorang yang sangat senang dengan membaca. Benar-benar tidak ada ruginya. Tidak perlu takut akan kehilangan waktu atau kurangnya sosialisasi ke lingkungan sekitar ketika kamu membaca. Membaca membuat kahazanah pengetahuan semakin luas dan apa yang didapat dari membaca bisa berguna untuk kehidupan.(Zaldi)




Editor : Intan

1 view0 comments

Comentarios


Post: Blog2_Post
bottom of page