top of page
  • Writer's picturemedia arah

Uang Tertinggi dan Terendah Dalam Hal Nilai Tukar


Sumber : kamusdata.com ; worldatlas.com | Grafis : Zaldi

Arah Meedia - Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.


Di setiap negara, uang berbeda-beda namanya, bentuk, tampilan, dan yang terpenting beda nilai tukarnya. Seperti contoh, uang resmi Indonesia yang bernama Rupiah, dan dengan bentuk seperti uang pada umumnya. Tampilannya pun dihiasi dengan ilustrasi gambar pahlawan-pahlawan Indonesia dan ditambah dengan ilustrasi kebudayaan serta kekayaan alam yang dimiliki. Nilai tukar nya untuk 1 USD sebesar Rp 13.962,55 atau jika dibulatkan sebesar 14 ribu.


Lalu berapakah nilai tukar uang yang paling tinggi dan paling rendah yang ada di dunia? Negara mana saja yang termasuk dalam kategori nilai tukar uang paling tinggi dan paling rendah, mari kita jabarkan.


Dinar Kuwait (KWD)


Mata uang dengan nilai tertinggi saat ini adalah Dinar Kuwait (KWD). Nilai tukarnya terhadap dolar AS adalah 1 KWD = 3,29 USD dan nilai tukarnya terhadap Rupiah adalah 1 KWD = Rp 46.424,68. Kuwait merupakan sebuah negara kecil dengan kekayaan yang melimpah. Tingginya nilai mata uangnya (nilai tukar) disebabkan oleh ekspor minyak buminya yang signifikan di pasar global.


Karena ekonomi berbasis minyak bumi yang stabil, serta produksi dan ekspor minyak bumi yang sangat maju, Kuwait dianggap sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Lebih dari 80% pendapatan negara berasal dari industri minyak bumi, karena produksi minyak bumi di negara ini adalah yang termudah, maka harganya pun termurah di antara negara lainnya. Selain ekonominya yang sangat stabil, Kuwait merupakan negara bebas pajak dengan angka pengangguran sangat rendah.


Bolívar Venezuela (VEZ)


Mata uang dengan nilai terendah saat ini adalah Bolívar Venezuela (VEZ). Nilai tukar dolar AS terhadap Bolívar Venezuela adalah 1 USD = 1.105.425 VES dan nilai tukar Rupiah terhadap Bolívar Venezuela adalah 1 Rupiah = 77,82 VEZ.


Saat ini, mata uang terendah di dunia adalah Bolivar Venezuela. Mata uang ini terpuruk secara signifikan karena inflasi yang diakibatkan oleh Covid-19, sehingga nilainya tercatat menjadi rendah di tahun 2020. Mata uang ini juga dianggap sebagai mata uang dengan inflasi tertinggi di dunia.


Redenominasi Bolivar diterapkan pada 20 Agustus 2018. Alasan utamanya adalah terjadinya hiperinflasi pada kisaran 830.000% yang terus meningkat setiap hari. Mata uang kripto "Petro" diciptakan oleh pemerintah untuk "melawan dolar AS" tetapi hal ini hanya mempercepat laju hiperinflasi karena pemerintah sendiri menentukan nilai tukar dolar sesuka hati.(Latief)





Editor : Intan




9 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page