top of page
  • Writer's picturemedia arah

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dari Tokoh Kartun


Sumber : pngimg.com ; pinterest.com | Grafis : Cescadeva

Yogyakarta, Arah Media – Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya dari kartun. Setiap orang pasti pernah nonton kartun, paling tidak sekali seumur hidup. Ternyata menonton kartun tidaklah sebatas hiburan semata, melainkan terdapat pesan moral dan pendidikan karakter yang dapat dipelajari.


Mau tahu siapa saja tokoh kartun yang bisa kita pelajari karakternya? Cek di sini ya!


1. Marlin di Film Finding Nemo


Marlin adalah tokoh kartun yang berbentuk ikan badut yang digambarkan menjadi sosok ayah. Marlin adalah pribadi yang optimis dan selalu penuh harapan. Tokoh kartun ini memliki sikap percaya diri, kerja keras, serta merupakan sosok yang pemberani. Keberaniannya dapat dilihat ketika ia mengarungi lautan lepas dalam pencarian anaknya yang bernama Nemo yang telah ditangkap oleh penyelam.


2. Donald Duck


Tokoh kartun yang memiliki suara khas ini adalah sosok yang optimis, penuh harapan, serta ulet. Dia tetap melakukan kegiatan yang bisa dilakukannya meski memiliki waktu luang.


Dari karakter tokoh Donald Duck ini kita bisa belajar tentang pentingnya untuk menetapkan tujuan dan langkah-langkah dalam mencapainya. Selain itu, Donald Duck juga mengajari kita tentang tidak menyia-nyiakan waktu yang ada.


3. Doraemon


Robot berbentuk kucing yang satu ini adalah sosok yang siap menolong dan setia kawan. Meski harus direpotkan oleh teman-temannya yang kerap kali mendapat kesulitan, Doraemon selalu ada untuk membantu. Selain itu, Doraemon juga merupakan sosok yang visioner dan tidak pernah kehabisan ide untuk membantu orang disekitarnya.


Dalam kehidupan nyata, jika memiliki teman seperti Doraemon pasti sangat menyenangkan, ia juga bisa menjadi pendengar yang baik. Seperti di dalam film, Doraemon kerap dijadikan tempat curhat oleh teman setianya, Nobita.


4. Mickey Mouse


Siapa yang tak mengenal tokoh kartun yang satu ini? Dengan perawakan serta perilaku yang lucu menjadikan dia tokoh kartun yang banyak digandrungi penontonnya.


Ikon dari The Walt Disney Company (studio kartun di Hollywood) ini memiliki sikap yang periang, atraktif, imajinatif, dan penuh semangat. Ia tidak pernah menjadikan suatu kejadian sebagai sebuah masalah besar.


Hal yang perlu kita pelajari dari tokoh kartun ini adalah ketika caranya menikmati hidup, selalu riang, serta optimis dalam menghadapi sebuah masalah.


5. Tom and Jerry


Tidak asing bagi kita dua tokoh kartun yang setiap saat bertengkar ini. Namun demikian, mereka sering saling membantu antara satu dan lainnya.


Dari Tom and Jerry kita bisa belajar menjadi cerdas dan kreatif, hal ini dapat diliihat dari cara Tom yang terus berusaha dengan berbagai cara untuk mengalahkan Jerry. Begitu juga sebaliknya, Jerry ternyata juga mengandalkan kecerdasan dan kreativitasnya dalam menciptakan jebakan untuk si Tom.


Selain itu, sikap pantang menyerah juga bisa kita pelajari dari kartun ini. Tom, meskipun sering kalah oleh Jerry, ia tidak pernah menyerah dan terus berupaya membuat rencana untuk mengalahkan Jerry si tikus. Tetaplah pantang menyerah apabila hasil yang diinginkan mungkin tak sesuai dengan rencana dan harapan.(Zaldi)





Editor : Intan

6 views0 comments

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page