top of page
  • Writer's picturemedia arah

Kiat-kiat Tumbuhkan Motivasi Belajar Kala Pandemi, Nonton YouTube Salah Satunya


Sumber : standout books ; red tricycle ; reviews.ord | Grafis : Dhanty

Arah Media - Sejak muncul pandemi, aktivitas dunia pendidikan baik kegiatan sekolah maupun perkuliahan semua dilakukan dari rumah masing-masing. Sudah hampir satu tahun sejak pertama kali kebijakan itu dikeluarkan pemerintah pada 16 Maret 2020.


Dengan rutinitas yang selalu sama dan dilakukan di rumah, tak jarang membuat mereka, para siswa dan mahasiswa, merasa jenuh dan penat. Kejenuhan tersebut pun seringnya membuat motivasi dan semangat belajar mereka menurun.


Untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat belajar bagi siswa maupun mahasiswa terutama selama masa pandemi, Arah Media mencoba merangkum kiat-kiatnya sebagai berikut.


1. Tonton study vlog di YouTube


Menonton video di YouTube tidak selalu memberi dampak buruk, loh, sahabat Arah. Tak disangka ternyata dengan menonton video study vlog yang ada di YouTube mampu meningkatkan motivasi dan semangat belajar. Study vlog ini berisi kegiatan sehari-hari para creator video selama belajar. Mereka pun memberikan tips-tips.

Kiat pertama ini sepertinya akan lebih terasa dampaknya bagi siswa dan mahasiswa yang memang tengah mempelajari berbagai materi. Beberapa kanal YouTube study vlog yang Arah rekomendasikan adalah Studyquill, Tbhstudying, Seoyun dan Janice Studies. Ada pula Anggie Marthin yang videonya akan sangat cocok ditonton siswa kelas 3 SMA.


2. Membaca buku cerita


Kiat yang kedua ini lebih disarankan untuk diterapkan pada anak-anak, ya, sahabat Arah. Sebuah studi terbaru menunjukkan, anak lebih senang belajar melalui buku cerita. Anak-anak menyukai buku cerita untuk menjelaskan ilmu di dunia sekitarnya. Buku cerita akan merangsang rasa ingin tahu anak yang kemudian akan menumbuhkan keinginan dan motivasi anak untuk belajar lebih giat. Margaret Shavlik, peneliti di Vanderbilt University menjelaskan, anak-anak senang mengetahui buku cerita berisi hubungan sebab akibat.


3. Berikan sugesti positif dan terapkan komunikasi positif


Melansir situs resmi pemerintah Kab. Buleleng, memberikan sugesti positif saat anak tidur menjadi salah satu bentuk hypnosleep positif. Orangtua dapat mengatakan bahwa belajar merupakan hal menyenangkan. Selain itu, melakukan komunikasi positif dengan memberi pujian dapat menaikkan kepercayaan diri sehingga anak akan lebih semangat belajar. Tak hanya bagi anak-anak, siswa maupun mahasiswa juga dapat menerapkan kiat ketiga ini.


4. Gunakan metode belajar yang sesuai


Semangat dan motivasi belajar turun dapat disebabkan oleh metode belajar yang salah atau tidak sesuai. Menurut Kualita Pendidikan Indonesia, metode belajar yang sesuai menjadi salah satu trik agar semangat belajar. Maka dari itu menjadi penting untuk menemukan dan menggunakan metode belajar yang pas.

Metode belajar sangat banyak, bahkan dapat diciptakan sendiri sesuai kebutuhan. Salah satu metode yang Arah rekomendasikan yakni belajar dengan menggunakan teknik Pomodoro! Teknik ini berfungsi untuk memberi efektivitas dan efisiensi waktu belajar sehingga nantinya tidak akan mudah terdistraksi.


5. Membeli peralatan yang mendukung kegiatan belajar


Kiat terakhir yang mungkin dilakukan yakni membeli peralatan yang mendukung kegiatan belajar. Biasanya dengan memberi reward untuk diri sendiri dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar. Seperti misalnya membeli alat tulis untuk mengulas materi pelajaran atau perkuliahan.


Nah itu tadi lima kiat-kiat yang telah dirangkum oleh Arah Media untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak, siswa, maupun mahasiswa. Semoga dengan rangkuman ini, sahabat Arah dapat tetap semangat menimba ilmu di tengah pandemi ya! Semangat, jangan redup. (Dhanty)







Editor : Intan



0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page