top of page
  • Writer's picturemedia arah

6 Tips agar Belajar Jadi Lebih Efektif


Sumber : freepik ; wikihow ; pinterest | Grafis : Dhanty

Arah Media - Belajar merupakan hal yang kita lakukan sejak kita dilahirkan dan terus berlanjut. Selama masa sekolah, belajar menjadi salah satu kewajiban yang kadang dirasa membebani.


Pertama-tama, sadari bahwa belajar bukan hanya kewajiban semata, tapi juga suatu keharusan. Orang senantiasa belajar sampai mati.


Namun, untuk mendapat hasil maksimal dalam belajar pun tidak selalu mudah. Ada beberapa kesalahan umum dalam belajar yang membuat kita gagal menyerap informasi dengan baik. Akhirnya yang didapat dari sesi belajar cuma capek.


Berikut Arah Media merangkum tips agar belajar kalian lebih bermanfaat!


1. Harus punya tujuan yang benar dalam belajar.


Jika kamu masih sekolah atau kuliah, jangan jadikan nilai bagus sebagai tujuanmu. Memang, kamu pasti berharap mendapat nilai bagus. Tapi kalau itu yang jadi tujuan utama, hasil yang kamu dapat akan kurang maksimal.


Kalau tujuanmu hanya nilai, pasti kamu akan cepat melupakan apa yang sudah kamu pelajari. Maka seharusnya yang jadi tujuanmu belajar adalah mengembangkan diri. Dengan mengembangkan ilmu dan keterampilan, kamu bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.


2. Memakai cara belajar yang cocok buatmu


Cara belajar yang efektif bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang lebih mudah menyerap informasi dari bacaan. Ada juga yang lebih gampang mendengar. Ada yang butuh melihat ilustrasi gambar supaya paham. Ada pula yang lebih mudah mengerti kalau menonton video. Dan masih banyak lagi.


Intinya, cara belajar tiap orang itu berbeda. Nah, kenali cara belajar seperti apa yang paling cocok buatmu. Jangan hanya ikut-ikut cara belajar orang lain karena itu belum tentu itu cocok buatmu. Temukan cara belajar efektif bagimu sendiri dan gunakan itu.


3. Fokus


Saat belajar, tentu kita harus fokus supaya bisa menyerap pelajaran seefektif mungkin. Maka jangan biarkan ada pengalih perhatian di sekitar kita saat sedang belajar.


Ada yang tidak bisa fokus belajar kalau suasana ramai, tapi ada yang justru gelisah kalau terlalu sepi. Kamu perlu juga menemukan apa yang bisa membuatmu tidak fokus, lalu singkirkan itu pada saat kamu belajar.


4. Jangan belajar terlalu lama


Belajar terlalu lama bisa membuat otak dan tubuhmu lelah. Pada saat lelah, otak sangat sulit menerima dan menyimpan informasi. Maka ketahuilah batasan tubuhmu dan jangan belajar terlalu lama.


5. Rutin belajar


Supaya efektif belajar, yang lebih penting itu bukan lamanya waktu belajar, tapi seringnya belajar. Belajar 15 menit setiap hari akan jauh lebih bermanfaat daripada belajar empat jam tapi hanya seminggu sekali. Belajarlah secara rutin supaya otakmu terus-menerus terlatih.


6. Melakukan latihan atau praktek


Setelah kamu memahami dengan baik apa yang sudah kamu pelajari, coba praktekkan materi pelajaran tersebut. Misalnya kamu belajar bahasa asing, tentu sangat penting untuk praktek berbicara bahasa tersebut dengan orang lain.


Berlatihlah mengerjakan soal-soal latihan. Atau saat kamu belajar ilmu sosial, coba terapkan apa yang kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukannya, kamu akan semakin paham dan ingat akan apa yang kamu pelajari hingga waktu lama.(Intan)







Editor : Akhsan

11 views0 comments

Commenti


Post: Blog2_Post
bottom of page