top of page
  • Writer's picturemedia arah

Sekolah Kedinasan? Apa Untungnya?


Sumber : idntimes.com ; campuspedia.id | Grafis : Naila

Arah Media - Setelah lulus pendidikan SMA/SMK/sederajat, banyak calon mahasiswa yang mengincar Sekolah Kedinasan karena jaminan pekerjaan yang menanti setelah lulus pendidikan. Lalu, apa sebenarnya Sekolah Kedinasan itu? Apa untungnya masuk Sekolah Kedinasan? Berikut ulasannya.


Sekolah Kedinasan adalah kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Bidang yang dipelajari merupakan bagian dari berbagai aspek kehidupan yang berhubungan erat dengan kepentingan masyarakat luas, seperti ekonomi dan keuangan, kesehatan, keamanan, dan sebagainya bidang ini disesuaikan dengan lembaga pemerintahan yang menaungi sekolah kedinasan yang akan kamu pilih.


Di Sekolah Kedinasan, para mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Selain itu, para mahasiswa juga akan dilatih soft skills-nya. Soft skills yang dilatih antara lain kemampuan melakukan analisis, kemampuan berpikir kritis, kemampuan meneliti, kemampuan manajerial, kemampuan komunikasi, dan kepemimpinan.


Berkuliah di Sekolah Kedinasan mempunyai banyak keuntungan. Misalnya mengenai biaya pendidikan. Rata-rata sekolah kedinasan membebaskan biaya pendidikannya. Bahkan, para mahasiswa juga akan dapat uang saku. Jadi, semacam beasiswa pendidikan beserta living cost-nya.


Di Sekolah Kedinasan, selain belajar akademis, para mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan teknis. Mahasiswa akan lebih siap ketika menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah pada kehidupan bermasyarakat.


Penempatan pertama bagi lulusan sekolah kedinasan biasanya bukan di daerah asal. Beberapa instansi akan memberlakukan sistem rotasi bagi pegawainya. Hal ini membuat lulusan Sekolah Kedinasan bisa berkeliling Indonesia.


Lulusan Sekolah Kedinasan juga punya kesempatan yang luas untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di dalam maupun di luar negeri. Seperti hal lulusan PTN/PTS pada umumnya, banyak beasiswa yang ditawarkan bagi lulusan Sekolah Kedinasan.


Prospek kerja lulusan Sekolah Kedinasan sangat cerah. Saat lulus, lulusan Sekolah Kedinasan akan langsung diangkat jadi Calon Pegawai Negeri Sipil di kementerian/lembaga yang menaungi. Lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) rata-rata diangkat di Kementerian Keuangan. Lulusan STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) ditempatkan di Badan Pusat Statistik. Lulusan STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) diangkat di Badan Siber dan Sandi Negara. Begitu pula dengan lainnya. Khusus lulusan Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), tidak hanya ditempatkan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), tapi bisa juga ditempatkan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, dan instansi lainnya yang membutuhkan. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan sekolah kedinasan mengikuti standar gaji PNS dan disesuaikan dengan pangkat dan golongan ruangnya.


Sekolah kedinasan umumnya memiliki program Diploma maupun Sarjana Terapan. Masa studi masing-masing jurusan juga berbeda. Misalnya, PKN STAN ada jurusan Pajak, Akuntansi, Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset. Jika memilih D1 Pajak, mahasiswa akan ditempa selama 1 tahun, biasanya langsung penempatan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Berbeda lagi dengan pendidikan D3 Perbendaharaan, mahasiswa akan menempuh studi selama 3 tahun, kemudian ditempatkan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Lulusan Manajemen Aset biasanya dinas di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.


Nah, itu sekilas ulasan mengenai Sekolah Kedinasan. Banyak keuntungannya yang bisa kamu dapatkan, lho. Apakah kamu tertarik bergabung dengan Sekolah Kedinasan? (Akhsan)







Editor : Intan


2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page