top of page
  • Writer's picturemedia arah

Tumbuhkan Motivasi Belajar Anak Lewat Buku Cerita


Sumber : Okezone.com | Grafis : Naila

Arah Media - Pengetahuan bisa didapat dari manapun dan melalui apapun. Bagi seorang anak, pengetahuan paling mudah didapat lewat bermain dan buku cerita.


Studi terbaru menunjukkan anak lebih senang belajar dari buku cerita. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa anak-anak lebih suka buku cerita untuk menjelaskan ilmu mengenai dunia di sekitar mereka.


Buku cerita itu akan merangsang rasa ingin tahu anak mengenai pelajaran. Rasa ingin tahu akan menumbuhkan keinginan dan motivasi anak untuk belajar lebih giat.


"Jika mereka lebih tertarik atau bersemangat membaca, mereka akan meminta orang tua untuk membaca lebih banyak bersama mereka," kata peneliti dari Vanderbilt University, Margaret Shavlik, dikutip dari CNN.


Shavlik menjelaskan anak-anak senang mengetahui buku cerita yang berisi hubungan sebab akibat. Anak-anak bakal mencari tahu lebih banyak mengenai cerita tersebut. Hal ini terjadi karena rasa ingin tahu dapat merangsang otak melepaskan dopamin, hormon yang memicu rasa senang.


"Ada semacam hubungan bahwa ketika anak-anak mencari penjelasan dan ketika mereka akhirnya memahami penjelasannya, mereka merasa ada rantai antara penguasaan atas beberapa bagian dunia," kata profesor pediatri Dipesh Navsaria.


Peneliti menjelaskan hubungan sebab akibat berarti menguraikan mengenai mengapa sebuah peristiwa terjadi dan bagaimana sesuatu dapat bekerja. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar orang tua dapat berdialog dengan anak setelah mereka membaca buku untuk menjelaskan dan memenuhi rasa ingin tahu anak.


"Karena anak-anak membutuhkan seseorang untuk membantu mereka memahami apa yang mereka lihat, apakah itu di layar atau apa yang mereka jalani atau apakah itu sebuah buku," kata Navsaria.(Intan)





Editor : Akhsan


4 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page