top of page
  • Writer's picturemedia arah

5 Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS)


Sumber : i2.wp.com | Grafis : Zaldi

Arah Media -- Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) memang belum begitu populer bagi sebagian masyarakat. Meskipun belum terlalu populer, namun PLS mempunyai prospek pekerjaan yang cukup luas. Seorang lulusan Jurusan PLS dapat bekerja di badan pemberdayaan masyarakat, pengelola dan penyelenggara pendidikan non formal dan informal (PNFI), laboran PNFI, dan lain sebagainya. Lalu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana saja yang membuka Jurusan PLS? Berikut 5 PTN yang membuka Jurusan PLS.


1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Kampus yang dahulu dikenal sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta ini membuka Jurusan PLS dan sudah terakreditasi A. Passing grade PLS UNY mencapai 20,2%. Selain membuka Jurusan PLS untuk strata 1 (S1), UNY juga membuka program pascasarjana (S2) Jurusan PLS.


2. Universitas Negeri Padang (UNP)


Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1954 ini mempunyai Jurusan PLS yang cukup mentereng, karena sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Passing grade PLS UNP mencapai 20,1% dengan daya tampung sebanyak 42 orang pada SBMPTN 2020.


3. Universitas Negeri Makassar (UNM)


UMN menjadi satu-satunya kampus di Pulau Sulawesi yang memiliki Jurusan PLS terakreditasi A. PLS UNM mempunyai daya tampung sebanyak 29 mahasiswa pada SBMPTN 2020 dengan passing grade mencapai 22.3%. Selain S1, UMN juga membuka Jurusan PLS untuk program S2 dan S3.


4. Universitas Negeri Malang (UM)


PTN yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur ini membuka Jurusan PLS yang cukup diminati oleh calon mahasiswa. Passing grade PLS UM cukup tinggi, mencapai 23,7%. Pada SBMPTN 2020 lalu, PLS UM mempunyai daya tampung sebanyak 60 kursi. Sama seperti UNM, UM juga membuka Jurusan PLS untuk program S2 dan S3


5. Universitas Jember (UNEJ)


Bergeser kurang lebih 200 KM ke arah timur dari Kota Malang, Jurusan PLS juga dibuka di Universitas Jember. PLS UNEJ ber-passing grade 21,9% dengan daya tampung 45 mahasiswa.


Itulah beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang membuka Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Apakah Anda berminat?(Akhsan)



Editor : Intan


0 views0 comments

תגובות


Post: Blog2_Post
bottom of page