top of page
  • Writer's picturemedia arah

Sejarah Singkat Penetapan Peringatan Hari Guru Nasional di Indonesia

Updated: Nov 26, 2020


Sumber : Dok. Reporter| Grafis : Cescadeva

Medan, Arah Media – Hari Guru Nasional di Indonesia diperingati pada 25 November tiap tahunnya. Peringatan ini bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).


Peringatan hari ulang tahun PGRI yang bertepatan dengan Hari Guru Nasional pada, Rabu (25/11/2020) sudah memasuki peringatan yang ke 75 kali sejak tahun 1945 silam.


Organisasi guru di Indonesia ini bukanlah sebuah organisasi yang baru, melainkan sudah berdiri dengan semangat perjuangan sejak zaman Belanda. Sebelum menjadi PGRI, awalnya organisasi ini berdiri dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912.


Dilansir dari laman resmi pgri.or.id, Organisasi PGHB bersifat unitaristik yang mana tidak memandang perbedaan ijazah, tempat kerja, kedudukan, agama, suku, golongan, gender, dan asal usul. Dengan kondisi pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan anggota yang berbeda-beda maka berkembang pula organisasi guru baru diantaranya yaitu Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB).


Pada tahun 1932 nama PGHB kembali berubah, menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Meski demikian, pada zaman pendudukan Jepang PGI tidak dapat melakukan aktivitas lagi, karena segala organisasi dilarang dan sekolah ditutup.


Dengan semangat perjuangan, pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta telah diselenggarakan Kongres Guru Indonesia. Dalam kongres inilah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirkan.


Sebagai penghormatan kepada guru, oleh pemerintah Republik Indonesia, tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.(Zaldi)



Editor : Intan

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page