top of page
  • Writer's picturemedia arah

Kemendikbud Akan Lanjutkan Subsidi Kuota Internet Hingga Tahun Ini


Sumber : inet.detik.com ; harianhaluan.com | Grafis : Dhanty

Yogyakarta, Arah Media—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melanjutkan program subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen hingga tahun 2021 ini.


Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim mengatakan kebijakan ini dilanjutkan karena masih banyak daerah yang belum membuka sekolah atau kampus dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 masih meningkat.


"Tahun 2021 alokasi kuota internet masih akan dilanjutkan. Namun tentu akan berusaha untuk menempuh dengan cara lebih baik," kata Ainun Naim dalam jumpa pers virtual, Selasa (5/1/2020) kemarin.


Ainun menyebut kebijakan ini mendapatkan respons positif dari berbagai pihak yang menyebut PJJ semakin terbantu dengan adanya bantuan kuota internet.


Kemendikbud kini tengah merumuskan kembali mekanisme distribusi dan jumlah besaran kuota yang bakal diberikan tahun ini. Langkah ini ditempuh demi memastikan program subsidi berjalan lebih baik, sesuai evaluasi pelaksanaan selama 4 bulan ke belakang.


"Sedang dirumuskan besaran dan cakupannya seperti apa. Karena ada perkembangan penyelesaian pandemi Covid-19, ini alternatif pelaksanaan pembelajaran dari rumah," sambungnya.


Sementara itu, Mendikbud Nadiem Makarim menyebut bahwa kebijakan bantuan kuota internet ini menggunakan anggaran negara sebesar Rp 7,2 triliun. Jatah kuota internet dipatok sebesar 35 gigabyte per bulan untuk siswa dan 50 gigabyte per bulan untuk mahasiswa. Kemudian, jatah kuota internet sebesar 45 gigabyte per bulan untuk guru dan 50 gigabyte per bulan untuk dosen.


Berdasarkan data Kemendikbud, tahun lalu subsidi kuota diterima 35.725.387 warga pendidikan mulai dari siswa hingga dosen. Capaian ini tidak memenuhi target yang seharusnya yakni 59,5 juta penerima.(Akhsan)




Editor : Intan


10 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page