top of page
  • Writer's picturemedia arah

Rekomendasi Buku Baca yang Menginspirasi Perempuan untuk Lebih Berani dan Tangguh


Sumber : matah-ary.blogspot.com | Grafis : Cescadeva

Yogyakarta, Arah Media – Buku sebagai sumber ilmu yang menjadi gerbang masuk ke ruang ilmu pengetahuan yang tak kenal batas. Membaca buku bukan sekedar hobi atau untuk mengisi waktu luang, melainkan akan memperbanyak ilmu dan khazanah pengetahuan serta peran buku juga bisa mengambil pengaruh dan berdampak yang besar bagi para pembacanya.

Berikut merupakan buku-buku yang menginspirasi perempuan untuk lebih berani dan tangguh dalam menjalani kehidupan :


1. Pada Sebuah Kapal


Buku garapan Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau akrab disapa NH. Dini ini menuai decak kagum sejak dirilis perdana pada 1972 silam.

Pada Sebuah Kapal menceritakan bahtera rumah tangga di tengah pertikaian dan di ambang perceraian dengan lika-liku perselingkuhan seorang istri. Buku ini menggambarkan juga tentang perjuangan seorang perempuan dalam mendapatkan afeksi, kebahagiaan, dan apa yang ia inginkan.

Tokoh utama bernama Sri yang merupakan seorang penari menikah dengan seorang diplomat Prancis yang sedang bertugas di Jepang. Dalam kehidupan pernikahannya, kerap kali ia tak merasa bahagia dan sering mengalami kekerasan dari suaminya.

Dilema seorang perempuan dan berbagai lika-liku kehidupan pernikahan yang dialami oleh Sri sebagai seorang istri, perempuan dan ibu berdasarkan cerita dari buku Pada Sebuah Kapal pantas dijadikan pelajaran.

2. Tarian Bumi


Tarian Bumi merupakan salah satu novel karya penulis asal Indonesia, Oka Rusmini. Novel yang mengangkat cerita dengan tema kebudayaan Bali ini mengisahkan cinta dari wanita Bali.

Tokoh utama novel ini yaitu Ida Ayu Telaga Pidada, seorang perempuan yang lahir dari keluarga dengan kasta tertinggi di Bali. Dalam buku Tarian Bumi, Telaga digambarkan sebagai sosok yang berani, tangguh, radikal, mandiri, dan keras. Telaga merupakan seorang perempuan Bali yang berusaha ‘mendobrak’ adat yang sudah melekat pada dirinya, bahkan sejak ia lahir.

3. Perempuan di Titik Nol


Novel karya Nawal al-Sa’dawy yang merupakan seorang dokter berkebangsaan Mesir ini mengguncang batin bagi siapapun yang membacanya. Nawal menulis buku ini karena diilhami dari kisah nyata seorang perempuan bernama Firdaus yang ditemuinya di penjara Qanatir.

Melalui buku ini, Nawal mengisahkan lika-liku kehidupan dari masa kecil Firdaus hingga menjadi pelacur kelas atas. Buku ini banyak menuai pertentangan dari masyarakat Mesir sendiri karena sangat jujur menggambarkan kehidupan para perempuan Mesir.

Diceritakan bahwa Firdaus harus menerima hukuman mati lantaran membunuh seorang germo laki-laki yang mengeksploitasi dirinya. Kendati demikian, Firdaus tidak mau meminta keringanan hukuman kepada pemerintah Mesir karena ia merasa perbuatannya tidak salah. Ia merasa puas telah menguak kejahatan yang selama ini tersembunyi.


Meskipun begitu, Firdaus dalam Perempuan di titik Nol digambarkan sebagai perempuan yang kuat nan tangguh.

4. Perempuan yang Memesan Takdir


Buku terbitan Mojok ini bukanlah sebuah novel, melainkan album prosa yang berisi 16 kisah tentang perempuan yang dikemas secara acak yang sedang menjalani takdirnya masing-masing.

Masing-masing karakter perempuan pada setiap cerita di dalamnya merupakan perempuan yang berwawasan luas dan kuat serta tangguh terhadap apa yang terjadi pada dirinya. Mereka semua tegas dan tidak mudah menyerah demi mendapatkan kebahagiaan.

Semoga 4 rekomendasi buku baca yang menginspirasi perempuan untuk lebih berani dan tangguh mampu menghadirkan perempuan-perempuan yang kuat dan dalam menjalani apapun.(Zaldi)





Editor : Intan


2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page