top of page
  • Writer's picturemedia arah

Pembelajaran Berbasis Permainan Dapat Tingkatkan Keceriaan Siswa dalam Belajar

Updated: Nov 26, 2020


Sumber : Kompasiana.com | Grafis : Dhanty

Arah Media -- Siapa yang tidak suka bermain game? Bermain game tentu sangat menyenangkan, bukan? Bermain game biasanya dilakukan setelah lelah bekerja atau belajar. Lalu, bagaimana jadinya jika pembelajaran dilakukan sambil bermain game?



Model pembelajaran yang memadukan pembelajaran dengan game biasa disebut game-based learning (GBL) atau Pembelajaran Berbasis Permainan. Pada model pembelajaran ini, materi pelajaran disampaikan dalam bentuk permainan sehingga lebih menarik dan menyenangkan.


”GBL pada dasarnya adalah kita menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan game sebagai media utamanya,” ujar Eko Nugroho, co-founder Yayasan Ludere Nusantara (Ludenara), organisasi non-profit yang fokus pada implementasi GBL untuk pendidikan.


Pada model GBL, siswa diberi penghargaan (reward) apabila mampu menyelesaikan tugas tertentu. Penghargaan tersebut dapat berupa bintang, pin, lencana, dan hadiah lain yang disukainya siswa. Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk memacu semangat belajar siswa.


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kurnia Dewi Anjani, Achmad Fatchan, dan Achmad Amirudin dari Universitas Negeri Malang, GBL mampu membuat siswa terlihat lebih ceria dan senang melalui game berkelompok. Dengan adanya game dalam pelajaran, membuat siswa tidak merasa bosan.


Dengan digunakannya game dalam pembelajaran, siswa menjadi semakin termotivasi. Hal ini disebabkan adanya penghargaan-penghargaan tertentu apabila ia menyelesaikan sebuah tugas yang diberikan oleh gurunya.(Akhsan)




Editor : Intan


0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page