top of page
  • Writer's picturemedia arah

MTsN 3 Kulon Progo Adakan Kembali Ekstrakurikuler


Sumber : kemenagkulonprogo.com | Grafis : Zaldi

Arah Media -- Ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan yang berdampak karena adanya pandemi Covid-19. Kegiatan ini harus ditiadakan karena sekolah diliburkan. Namun, menurut kemenagkulonprogo.com sejumlah orang tua dan wali siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo meminta untuk diadakannya kembali ekstrakurikuler Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).


Waka Humas MTsN 3 Kulon Progo, Bekti Pratiwi menyampaikan bahwa pengadaan kembali ekstrakurikuler TPA merupakan salah satu solusi yang diambil karena lembar evaluasi yang telah diberikan kepada siswa tidak efektif mendata kegiatan siswa selama pembelajaran jarak jauh. Ketidakefektifan tersebut ditandai dengan sejumlah siswa dan orang tua yang tidak mau mengisi lembar tersebut. Padahal, lembar tersebut berisi evaluasi harian, seperti kegiatan sholat lima waktu dan catatan tadarus Al-Quran yang harus didata secara periodik untuk menilai kompetensi siswa selama 3 tahun di madrasah.


Selain itu, kegiatan TPA berani diadakan juga dengan mempertimbangkan sistem pembelajaran yang sudah menggunakan sistem kombinasi dengan luring dan daring. Pelaksanaannya pun dipastikan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan. Mulai dari wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum mulai berkegiatan, dan memperhatikan jaga jarak.


“Orang tua sangat mendukung madrasah dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Koordinator Tahfidz, Rini Dwi.

Rini juga menambahkan bahwa kegiatan ini penting dilakukan. Hal ini dipilih untuk kembali mengoptimalkan dan menjaga hafalan siswa.


Sebenarnya, kegiatan TPA ini bila dilaksanakan pada pembelajaran normal diperuntukkan untuk semua siswa. Pembagian waktunya untuk siswa kelas 7 dan 8 dilaksanakan dua kali seminggu, secara klasikal pada hari senin dan selasa. Sedangkan, untuk siswa kelas 9 hanya dilakukan seminggu sekali pada hari kamis.


Namun, pada pandemi ini pelaksanaannya pun dirubah dan dilakukan secara bergilir agar tidak terjadi penumpukan di sekolah. Setiap kelas bisa mengikuti Ekstrakurikuler TPA seminggu sekali. Hari senin untuk kelas 9, Selasa untuk kelas 8, dan Kamis untuk kelas 7.


“Harapannya dengan kembali dimulainya ekstrakurikuler TPA ini, para orangtua mempunyai alasan yang kuat untuk mengingatkan putra-putrinya agar memperbanyak membaca Al-Quran. Untuk membuat hafalan baru dan mengulang hafalan lama yang siap disetorkan seminggu sekali,” tambah Rini.(Naila)





Editor : Intan


0 views0 comments

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page