top of page
  • Writer's picturemedia arah

Mengenal Sandi Pramuka dan Penerapannya di Kehidupan Sehari-hari


Sumber : Dok. Pribadi | Grafis : Cescadeva

Yogyakarta, Arah Media – Sejatinya komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, terbuka maupun tertutup, dan tertulis maupun tidak tertulis. Dalam Kepanduan atau Pramuka, komunikasi dilakukan dengan menggunakan sandi Pramuka. Sandi merupakan suatu kode dan bentuk komunikasi bersifat rahasia yang hanya diketahui oleh orang yang mengerti dan sudah mempelajarinya.


Penggunaan sandi dalam Pramuka merupakan suatu bentuk keterampilan. Meskipun disebut sandi Pramuka, namun penggunaannya tidak hanya dalam Pramuka saja. Penggunaan sandi banyak ditemui di lini kehidupan lainnya seperti dipakai dalam dunia militer dan kepolisian untuk keperluan-keperluan tertentu. Oleh karena itu, mempelajarinya bukanlah tanpa manfaat.


Sandi dalam Pramuka terdapat banyak jenisnya, 3 diantaranya yang sering digunakan yaitu :

1. Sandi Morse

2. Sandi Semaphore

3. Sandi Radio Internasional


Sandi Morse merupakan sandi yang menggunakan kombinasi titik (.) dan garis (-). Penyampaian pesan melalui sandi Morse bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti menggunakan suara, tulisan, cahaya, gerak, denyut listrik, tumpukan ruput dan batu, dan lainnya.


Dilansir dari tirto.id, istilah sandi Morse merupakan nama belakang dari penemunya, yakni Samuel Finley Breese Morse atau yang akrab dengan sapaan Samuel Morse. Ia lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, tanggal 27 April 1791. Sandi Morse sendiri ditemukan pada tahun 1838.


Dalam pengaplikasiannya, sandi Morse digunakan untuk membentuk sandi-sandi yang lain, seperti semaphore dan sandi radio internasional.


Adapun bentuk pesan dari sandi Morse terdiri dari alfabet dan angka, yakni :


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_Morse

Sedangkan pada sandi Semaphore berbentuk :


Sumber : belajarsampaimati.com

Selanjutnya adalah sandi radio internasional atau yang biasa disebut kode alphabet dalam telepon.


Sumber : https://www.unida.ac.id/


Ketiga sandi tersebut kerap kali ditemui penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Banyak profesi juga yang menggunakan sandi sandi tersebut dalam berkomunikasi atau menyampaikan suatu pesan. Oleh sebab itu, tidaklah rugi belajar sandi dari Kepanduan atau Pramuka.(Zaldi)



Editor : Intan

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page