top of page
  • Writer's picturemedia arah

Makna dibalik ‘Ingat Pesan Ibu’


Sumber : Suaraindo.com ; jpnn.com | Grafis : Cescadeva

Arah Media - Ibu memiliki peran yang signifikan dalam keluarga. Di pandemi Covid-19, seorang ibu memiliki tugas tambahan selain kewajiban mengurus rumah tangga. Meskipun ibu juga telah berperan dalam pendidikan anak, namun pada masa pandemi Ibu dituntut untuk lebih mendampingi dan ikut menjadi guru dalam setiap mata pelajaran anak di sekolah. Terlebih pada anak yang belajar di PAUD, TK, dan SD. Hal ini untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat berjalan secara optimal.


Tugas tambahan ibu tak hanya itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo juga meminta kaum ibu untuk mengambil peran penting dalam edukasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan rumah tangga. Hal ini menunjukkan bahwa ibu juga berperan dalam mengajarkan protokol kesehatan dan mendisiplinkan seluruh anggota keluarga.


“Perjuangan Indonesia dalam mengambil setiap derap pembangunan di Indonesia, di tahun ini kita tengah berjuang melawan musuh kita bersama Covid-19. Tentunya, hal ini tidak lepas dari peran seorang ibu dan perempuan,” ujar Doni dalam video yang disiarkan langsung di akun Youtube BNPB, Senin (21/12/2020)


Adapun Doni menyebut slogan ‘Ingat Pesan Ibu’ pada iklan layanan masyarakat yang sering ditayangkan di televisi memiliki makna bahwa pesan itu dari seorang ibu. Sehingga, diharapkan sisipan edukasi yang disampaikan dari pesan tersebut dapat melekat di masyarakat Indonesia.


“Maksudnya agar selalu mengingat nasihat ibunya untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan,” jelas Doni.


Sedangkan, Wiku Adisasmito selaku Jubir dari Satgas Covid-19 mengatakan bahwa penggunaan slogan ‘Ingat Pesan Ibu’ merupakan strategi untuk mengajarkan masyarakat pentingnya protokol kesehatan. Sehingga masyarakat bisa yakin dan patuh dengan protokol kesehatan.


"Semua orang pasti dilahirkan dari seorang ibu. Maka, kita tempelkan pesan itu dari ibu agar mengingatkan anak-anaknya. Orang tua pun asalnya juga dari ibu. Kita ingin pastikan semua orang patuh apabila ingat pesan dari ibu karena kepatuhan seorang ibu ke anaknya,"tambah Wiku yang dikutip dari kumparan.com.


Selain itu, melansir dari balipuspanews.com, Ny.Cok Ace, Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali menilai bahwa ibu memiliki banyak peran penting dalam mengedukasi anggota keluarga dalam penerapan protokol kesehatan. Adanya sentuhan hangat dari seorang ibu akan mampu mengarahkan anggota keluarga lainnya untuk kemudian disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.


Lanjut Ny.Cok Ace juga berpesan kepada kaum ibu untuk selalu mengingatkan anak-anak dan anggota keluarga lain untuk menggunakan masker ketika bepergian ke luar. Ibu juga perlu memberikan pengetahuan dan memberikan contoh jenis masker apa yang bisa menjadi standar dari protokol kesehatan.


“Jangan pernah bosan juga mengingatkan anak-anak untuk menerapkan kebiasaan jaga jarak dan menjauhi kerumunan karena itu kunci untuk melindungi keluarga dari penularan Covid-19,” tambah Ny.Cok Ace.(Naila)






Editor : Intan


28 views0 comments

Opmerkingen


Post: Blog2_Post
bottom of page