top of page
  • Writer's picturemedia arah

Kenali Beberapa Istilah Penting Ini Sebelum Belajar Investasi Saham


Sumber : nalar.id | Grafis : Zaldi

Arah Media - Kegiatan investasi saat ini semakin digandrungi. Bagi sebagian orang, selain menjadi kebutuhan, investasi saat ini juga sudah menjadi gaya hidup. Salah satu jenis investasi yang banyak peminatnya adalah investasi saham.


Meski terdengar sedikit beresiko, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak yang sangat tertarik untuk mencoba investasi saham. Bahkan saham sendiri seringkali dijadikan sebagai hadiah, misal hadiah pernikahan, ulang tahun, serta kelahiran seorang bayi.


Sebelum melakukan investasi di bidang saham, ada beberapa hal yang harus diketahui agar paham dan meminimalisir resiko bagi investor, di antaranya adalah istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia saham, yakni :

  1. Bursa Efek : Bursa Efek adalah pihak penyelenggara dan penyedia sistem atau sarana bagi para penjual dan pembeli saham untuk mengakomodasi perdagangan saham. Bursa efek sering diibaratkan sebagai sebuah mall dimana di dalamnya terdapat toko-toko dan adanya kegiatan jual beli.

  2. Perusahaan Sekuritas : Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak di bidang transaksi jual beli efek. Perusahaan Sekuritas sendiri tidak mengeluarkan efek, namun perusahaan ini berperan sebagai perantara investor dengan pasar modal dalam jual beli efek. Istilah efek merupakan sebuah dokumen fisik berupa saham atau obligasi yang menjadi bukti investasi seseorang. Jika Bursa Efek diibaratkan sebagai sebuah mall, maka Perusahaan Sekuritas kerap kali diibaratkan sebagai toko-toko yang ada di dalam mall.

  3. Capital Gain & Capital Loss : Capital Gain merupakan selisih keuntungan yang didapatkan antara harga beli dan harga jual. Sedangkan Capital Loss merupakan selisih kerugian yang didapat antara harga beli dan harga jual. Jadi, Capital Gain dan Capital Loss merupakan sebutan untuk selisih untung dan rugi.

  4. Dividen : Keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham secara pro-rata yang dibayarkan dalam bentuk uang (dividen cash) atau saham (dividen stock). Waktu dan persentase pembagian dividen ini tidak menentu, sesuai dengan kebijakan Emiten masing-masing.

  5. Emiten : Sebutan untuk perusahaan yang menawarkan efek perusahaannya kepada masyarakat umum melalui Bursa Efek Indonesia.

  6. Lot Saham : Lot merupakan satuan yang resmi digunakan dalam kegiatan penjualan atau pembelian saham berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia. 1 lot terdiri dari 100 lembar saham.


Itulah beberapa istilah penting yang perlu diketahui sebelum memulai investasi saham. Kegiatan investasi di bidang saham tentu tidak bisa dipelajari secara instan. Perlu waktu dan proses dalam mempelajari investasi saham.(Zaldi)




Editor : Intan


4 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page