top of page
  • Writer's picturemedia arah

Dianugerahi Guru Terbaik di Dunia Versi UNESCO, Disale Mendapat Rp 14 Miliar


Sumber : bbc.com | Grafis : Zaldi

Arah Media—Seorang guru dari sebuah desa di India memenangkan hadiah 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar, atas karyanya yang memberdayakan dan mengembangkan pendidikan bagi anak-anak perempuan yang tinggal di pedesaan.


Ranjitsinh Disale diumumkan sebagai pemenang Global Teacher Prize 2020 di antara 12.000 peserta dalam upacara virtual yang disiarkan dari Museum Sejarah Alam London, Inggris, Kamis (3/12/2020).


Global Teacher Prize merupakan sebuah program penghargaan tahunan oleh Varkey Foundation untuk para guru yang telah memberikan kontribusi luar biasa di dunia pendidikan. Program ini juga disponsori oleh Badan Pendidikan dan Budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).


Disale merupakan seorang guru dari Sekolah Dasar Zilla Parishad, desa Paritewadi, Maharashtra, India barat. Pria berusia 32 tahun ini berjuang dalam menjamin pendidikan bagi anak-anak perempuan, yang selama ini masih diabaikan. Dia juga menyediakan pembelajaran sains online bagi para murid di 83 negara serta menjalankan sebuah project internasional untuk membangun koneksi antar anak muda di daerah-daerah konflik.


“Di masa sulit seperti ini, para guru memberikan yang terbaik untuk memastikan setiap siswa memiliki akses pendidikan yang baik,” ungkap Disale dilansir dari bbc.com.


Sementara itu Asisten Direktur Jenderal Pendidikan UNESCO, Stefania Giannini mengatakan, pandemi covid ini telah memberikan pukulan keras bagi sistem pendidikan di dunia, namun kontribusi dari para guru selama masa sulit inilah yang memberikan perubahan.


Dari hadiah yang diperolehnya, Disale membagikan setengahnya kepada guru-guru lain yang berada di posisi 10 besar. Dia mengatakan bahwa seorang guru selalu percaya pada ‘memberi dan berbagi’.


“Dengan membagikan hadiah, Disale mengajarkan dunia pentingnya memberi”, ujar Sunny Varkey, pendiri dari Varkey Foundation.(Intan)




Editor : Akhsan


4 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page