top of page
  • Writer's picturemedia arah

Buku Komik Superhero Asal Indonesia Hadir dalam Program Pendidikan Global di Washington DC


Sumber : basabali.org | Grafis : Zaldi

Yogyakarta, Arah Media – Sekolah-sekolah negeri di Washington DC, Amerika Serikat selenggarakan program pendidikan global untuk merayakan manfaat pendidikan dan pertukaran budaya dunia. Indonesia turut andil dalam kegiatan ini dengan memembagikan buku komik lokal.Kegiatan ini diselenggarakan sejak 1 November silam Hingga 15 Desember 2020 mendatang. Di berbagai sekolah negeri di Washington DC.


“Luh Ayu Manik Mas” adalah buku komik superhero asal Bali, Indonesia yang dikirim untuk berkontribusi dalam kegiatan ini. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC dan organisasi pelestarian Bahasa Bali, BASAbali sumbang 500 buku kepada sekolah-sekolah negeri dan 93 buku untuk beberapa perpustakaan di Washington DC.


Acara pembacaan buku komik “Luh Ayu Manik Mas” pertama kali dilaksanakan oleh Watkins Elementary School pada tanggal 16 November dan diikuti oleh 29 siswa, kelas 5 dan 6.Kegiatan ini turut didampingi oleh istri Duta Besar RI untuk AS, Bianca Adinegoro Lutfi, yang membagikan pengalaman serta saran kepada anak-anak AS mengenai pengenalan budaya dan persahabatan antar negara lewat sahabat pena.


Dilansir dari VOA Indonesia, Sabtu (12/12/2020), seorang guru di Watkins Elementary School, Rosalind Lamont, menyampaikan "Selama minggu Pendidikan Global di Washington D.C kami memiliki berbagai lokakarya dan berbagai hal, lintas negara".

Rosalind Lamont juga mengungkapkan kalau murid-muridnya senang dan semangat belajar melalui komik. Ia juga menjelaskan bahwa melalui buku komik ini siswa belajar dan menghormati perbedaan budaya di dunia dan menumbuhkan rasa persahabatan.


“Mereka sangat bersemangat ketika mendapat buku komik dan mengetahui ada superhero remaja putri yang membantu membersihkan lingkungan, jadi mereka menemukan sedikit persamaan dengannya. Mereka sangat senang dan memiliki banyak pertanyaan menarik untuk pengarangnya selama lokakarya virtual,” jelasnya.(Zaldi)


Editor : Akhsan

0 views0 comments

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page