top of page
  • Writer's picturemedia arah

7 Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa atau Khusus



Arah Media - Pendidikan merupakan hak bagi seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali. Untuk memenuhi hal itu, beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuka jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Tujuan dari jurusan ini adalah untuk menghasilkan tenaga didik bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).


Melansir dari IDNTimes.com, selain teknis pendidikan, jurusan ini juga akan melatih rasa empati karena juga mempelajari karakteristik dan psikologi para ABK agar mendapat bimbingan yang tepat. Berikut 7 PTN yang membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa:


1. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)


Kampus yang berada di kota Surakarta ini sudah menjadi incaran banyak calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Program studi untuk jurusan PLB-nya sendiri pun memperoleh akreditasi A. Sedangkan untuk passing grade jurusan PLB di UNS mencapai angka 27,37 persen.

2. Universitas Negeri Malang (UM)


Di Malang, Jawa Timur, universitas ini juga membuka jurusan PLB yang cukup diminati oleh para siswa. Pada SBMPTN tahun 2019 lalu, jumlah calon mahasiswa yang memilih jurusan PLB mencapai 537 orang, namun hanya 54 kursi saja yang diterima. Kuota tersebut cukup banyak jika dibandingkan dengan PTN-PTN yang ada di Jawa Barat.

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)


Kampus yang berada di Rawamangun, DKI Jakarta ini mempunyai visi misi menghasilkan tenaga pendidik di bidang pendidikan khusus yang profesional, kompetitif, dan dilandasi iman dan taqwa. Passing grade untuk jurusan PLB di UNJ pada tahun 2019 sendiri mencapai 28,0 persen, dan daya tampung dengan rata-rata 36 kursi setiap tahunnya.

4. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)


Kampus yang beralamat di Jl. Rektorat Unesa, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri ini memiliki 7 fakultas yang banyak diminati calon mahasiswa baru, termasuk fakultas pendidikan yang memiliki jurusan Pendidikan Luar Biasa. Passing grade untuk jurusan PLB sendiri mencapai 27,4 persen.

5. Universitas Negeri Padang (UNP)


Universitas yang berdiri sejak 1 September 1954 ini adalah salah satu PTN yang jadi favorit di Padang, Sumatera Barat. Passing grade untuk jurusan PLB di UNP mencapai 22,1 persen. Pada tahun ajaran 2019, peminat jurusan ini pada tahun 2019 mencapai 875, sedangkan UNP hanya mampu menampung sebanyak 64 mahasiswa.

6. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Kampus yang berada di Bandung, Jawa Barat ini adalah salah satu universitas pendidikan terbaik di Indonesia. Persaingan untuk mendapatkan kursi di jurusan PLB di kampus ini sangatlah ketat. Passing grade yang dipatok cukup tinggi, dengan 30,1 persen. Sedangkan daya tampungnya hanya berkisar 24 sampai 25 kursi setiap tahunnya.

7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Universitas Negeri Yogyakarta juga membuka jurusan PLB yang banyak peminatnya. Pada tahun 2019, calon mahasiswa yang mendaftar melalui SBMPTN sebanyak 946. Sedangkan UNY sendiri hanya mampu menerima 48 mahasiswa baru. Persaingan di universitas ini juga ketat, mengingat bahwa UNY merupakan salah satu universitas pendidikan favorit di Indonesia.(Cescadeva)



Editor : Intan


8 views0 comments

댓글


Post: Blog2_Post
bottom of page