top of page
  • Writer's picturemedia arah

5 Komunitas Mengajar di Yogyakarta yang Dapat Menjadi Wadah Mengabdi bagi Anak Muda


Sumber : @yogyakarta_mengajar ; @penyalajogja ; @kagemjogja ; @saungmimpi ; @ki_yogyakarta | Grafis : Naila

Arah Media - Pendidikan adalah hal yang penting dan hak segenap bangsa Indonesia. Namun, bagi beberapa kelompok masyarakat, pendidikan menjadi sesuatu yang sulit diakses. Untuk memberi pendidikan bagi kelompok masyarakat tersebut, beberapa komunitas di bawah ini mengadakan kegiatan belajar-mengajar dan mengajak anak-anak muda di Yogyakarta untuk bergabung menjadi relawan. Apa saja komunitas tersebut? Check this out!!


1. Yogyakarta Mengajar


Komunitas Yogyakarta Mengajar merupakan sebuah komunitas kerelawanan yang fokus di bidang pendidikan. Komunitas ini melakukan pendampingan akademik maupun non-akademik untuk anak-anak yang tersebar di 12 daerah di Yogyakarta. Setiap tahun, komunitas ini meregenerasi pengurus dan membuka pendaftaran untuk relawan baru.


Selain ingin berperan aktif mendukung pendidikan di Indonesia khususnya Yogyakarta, Yogyakarta Mengajar juga membawa misi untuk menjadi wadah berkembang dan berkontribusi bagi pemuda-pemudi yang memiliki cita-cita yang sama.


Instagram : @yogyakarta_mengajar

2. Jogja Menyala


Jogja Menyala adalah komunitas yang berdiri sejak tahun 2011 dan bergerak di bidang sosial pendidikan. Jogja Menyala adalah bagian dari gerakan Indonesia Menyala, salah satu cabang kerelawanan dari Yayasan Indonesia Mengajar. Fokus utama Jogja Menyala adalah menyalakan budaya membaca anak-anak Indonesia.


Aktivitas Jogja Menyala diawali dengan mengirimkan para relawan, yang disebut Pengajar Muda, ke berbagai wilayah pelosok di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian, Sekretariat Jogja Menyala akan mengirimkan buku ke tempat penempatan Pengajar Muda yang wilayahnya sangat kekurangan buku yang layak. Selain itu, komunitas ini juga mengupayakan berdirinya perpustakaan desa, terpenuhinya gizi dan kesehatan anak-anak, dan kegiatan sosial pendidikan lainnya.


Instagram : @penyalajogja

3. Rumah Belajar KAGEM


Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (KAGEM) Yogyakarta merupakan lembaga non profit yang bergerak di berbagai bidang kegiatan seperti sosial, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat. Lembaga ini dibangun dengan semangat berbagi kepada sesama anggota masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan.Yayasan ini berdiri tanggal 19 Oktober 2011 dan baru diumumkan secara resmi kepada masyarakat luas pada tanggal 22 Januari 2012.


KAGEM Jogja punya banyak kegiatan menarik, misalnya saja “KAGEM Menginspirasi” dimana para Punggawa (sebutan untuk relawan) KAGEM akan berupaya menginspirasi anak-anak penghuni Rumah Belajar KAGEM, yang notabene adalah calon penerus bangsa Indonesia. Kegiatan lain yang dilaksanakan KAGEM Jogja adalah “Outbond Libur Semester”, yang dilakukan setelah ujian semester. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan seru lainnya di KAGEM Jogja.


Instagram : @kagemjogja

4. Saung Mimpi


Saung Mimpi berdiri sejak Mei 2013. Fokus utamanya adalah pada pendidikan anak usia SD (Usia 6 – 12) di DIY dan sekitarnya. Ada 4 hal yang menjadi tujuan dari Saung Mimpi, yang pertama agar anak-anak mengenali berbagai macam profesi dan mau bereksperimen. Kedua, memacu aktualisasi diri anak melalui public speaking. Ketiga dan keempat yaitu memberikan variasi belajar dan sarana hiburan positif di luar jam sekolah.


Instagram : @saungmimpi

5. Kelas Inspirasi Yogyakarta


Ingin menginspirasi anak-anak SD untuk terus bermimpi dan berusaha meraihnya, Kelas Inspirasi Yogyakarta hadir dengan ratusan relawan yang siap menyebarkan ceritanya. Kelas Inspirasi adalah sebuah gerakan yang mengumpulkan relawan dengan berbagai macam profesi untuk mengajak mereka membagikan cerita kepada anak-anak tentang pekerjaan mereka dan bagaimana mereka meraihnya.


Tujuannya tak hanya supaya anak-anak di Jogja terinspirasi untuk terus bercita-cita dan mewujudkannya, namun juga agar para profesional ini dapat mengetahui realita dan fakta kondisi pendidikan sekarang ini serta ikut memberi peran aktif.


Instagram : @ki_yogyakarta (Akhsan)





Editor : Intan


1 view0 comments

댓글


Post: Blog2_Post
bottom of page