top of page
  • Writer's picturemedia arah

Ujian Daring Universitas Terbuka Hari Kedua Berjalan Lancar


Sumber : thejakartapost.com ; lampung.tribunnews.com | Grafis : Naila


Arah Media— Universitas Terbuka (UT) mengadakan Ujian Akhir Semester (UAS) yang melibatkan ratusan ribu mahasiswanya sejak Sabtu (5/12/2020). Kendati mengalami kendala teknis pada hari pertama, ujian hari kedua yang berlangsung pada Selasa (8/12/2020) disebut dapat berjalan dengan lancar.


Pada hari itu, ujian melibatkan 159 ribu mahasiswa yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan sebagian lagi tersebar di 90 negara lainnya. Mereka menjadi bagian dari pelaksanaan ujian yang sejatinya masih akan berlangsung sampai pekan depan dengan total 312.236 mahasiswa yang akan menjadi 1.717.614 peserta ujian untuk seluruh mata kuliah.


Monitoring Integrated System yang kami miliki mampu memantau dengan baik lalu lintas data, titik persebaran peserta ujian, serta mengoptimalkan pertahanan terhadap serangan cyber yang dilakukan oleh pihak luar,” bunyi pernyataan tertulis Kepala Pusat Pengembangan, Hubungan Internasional, dan Kemitraan di Universitas Terbuka, Yuli Tirtariandi El Anshori, Kamis(10/12/20).


Seperti dilansir dari tempo.co, menurut Yuli, kendala teknis dan jaringan yang terjadi pada hari pertama pelaksanaan UAS itu bisa diatasi oleh tim khusus yang dibentuk Universitas Terbuka. Tim khusus itu, disebutnya, telah bertindak cepat dengan melakukan berbagai pembenahan sebagai bukti keseriusan Universitas Terbuka agar ujian berjalan lancar dan tidak merugikan hak-hak mahasiswa.


Dia mengingatkan pula bagi mahasiswa yang terdampak masalah pada Sabtu lalu dan belum berhasil mengunduh naskah dan mengunggah jawaban ujian, diberikan kesempatan untuk mengikuti UAS kembali pada 20 Desember 2020 mendatang. Kemudian, pelaksanaan UAS yang seharusnya dilaksanakan pada 6 dan 7 Desember, digeser ke 21 dan 22 Desember.


Sebelumnya, Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat telah memastikan tidak akan ada yang dirugikan akibat adanya kendala teknis saat pelaksanaan ujian yang menggunakan skema baru, yakni model Take Home Exam (THE) tersebut. Skema itu digunakan dalam rangka mengoptimalkan layanan dalam jaringan alias online, khususnya layanan ujian, di masa pandemi Covid-19.


Normalnya, pelaksanaan ujian di Universitas Terbuka dilakukan dengan beragam modus secara tatap muka dan online dengan mempertimbangkan kondisi dan kapasitas ataupun pilihan mahasiswa sendiri. Penyelenggaraan UAS THE ini merupakan yang pertama dan terbesar sepanjang sejarah Universitas Terbuka.(Intan)





Editor : Intan


1 view0 comments

Kommentare


Post: Blog2_Post
bottom of page