top of page
  • Writer's picturemedia arah

UAD Luncurkan Kegiatan Dahlan Muda Mengabdi 2020


Sumber : bimawa.uad.ac.id | Grafis : Dhanty

Yogyakarta—Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meluncurkan kegiatan Dahlan Mud Mengabdi 2020, Senin (14/12/2020) siang. Peluncuran kegiatan ini dilakukan secara daring (online) melalui kanal Youtube BIMAWA UAD Jogja.


“Dalam upaya mendorong terlaksananya catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah, yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat, maka kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada para mahasiswa tentang pentingnya peran mahasiswa dalam masyarakat,” ujar Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD, Gatot Sugiharto, dalam sambutannya.


Dahlan Muda Mengabdi, lanjutnya, yang diselenggarakan Biro Kemahasiswaan dan Alumni mendorong mahasiswa agar dapat menunaikan kewajibannya dalam pengabdian kepada masyarakat.


Menurut Gatot, kegiatan Dahlan Muda Mengabdi tidak hanya memberikan manfaat kepada masyarakat, namun juga memberikan manfaat kepada mahasiswa sendiri dalam konteks pengalaman individu dan administrasi-administrasi tertentu. Di akhir sambutannya, Gatot membuka secara resmi peluncuran kegiatan Dahlan Muda Mengabdi.


Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UAD, Anton Yudhana, dalam motivasinya mengatakan bahwa pengabdian masyarakat tidak boleh dilaksanakan dengan semangat untuk menggugurkan kewajiban, pengabdian harus didasari keikhlasan sehingga akan membawa manfaat dan kesenangan bagi mahasiswa.


“Pengabdian masyarakat, jika hanya dilandasi keinginan untuk menggugurkan kewajiban, memenuhi SKS (Sistem Kredit Semester—red), maka akan membawa manfaat yang sedikit. Pengabdian harus ikhlas sehingga mahasiswa senang dalam menjalaninya dan membawa manfaat,” tutur Anton.


Peluncuran kegiatan Dahlan Muda Mengabdi tersebut diakhiri dengan presentasi mengenai teknis kegiatan yang dijelaskan oleh Ketua Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Caraka Putra Bhakti. Dalam presentasinya, Caraka menjelaskan bahwa program ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa aktif UAD.


Dahlan Muda Mengabdi sudah dimulai sejak 12 Desember 2020 dan akan berakhir pada 31 Desember 2020 mendatang. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan antara lain kampanye positif, pelestarian lingkungan, pendampingan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), pendampingan belajar di rumah, penanggulangan kemiskinan, dan relawan bencana alam.


Tahun ini, Dahlan Muda Mengabdi mengusung tema “Peran Mahasiswa pada Masalah Kebangsaan”. Untuk informasi lebih lanjut, dapat diliihat di https://bimawa.uad.ac.id/dahlan-muda-mengabdi-uad-12-31-desember-2020/. (Akhsan)






Editor : Intan


2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page