top of page
  • Writer's picturemedia arah

Tips dan Trik Dapat Nilai A ala Arah Media




Arah Media – Dalam menempuh pendidikan, setiap orang pastinya ingin mendapatkan nilai yang bagus. Walaupun kita hanya berleha-leha, namun harapan untuk mendapatkan nilai yang bagus tetap selalu ada. Mendapatkan nilai yang bagus itu merupakan impian setiap pelajar dan mahasiswa.


Khususnya untuk mahasiswa, sudah menjadi rahasia umum pada saat pemilihan kelas, hal yang paling diperhatikan adalah siapa pengajarnya. Namun hanya memilih saja belum cukup, ada cara jitu untuk mendapatkan nilai yang diinginkan bagi para pelajar. Berikut cara-cara yang ampuh untuk mendapatkan nilai yang baik dengan cara yang baik dan benar pula.


1. Aktif ketika pembelajaran sedang berlangsung


Datang tepat waktu saat pelajarannya, usahakan tidak terlambat karena hal itu menunjukan niat dan kesungguhan. Untuk mendapatkan “hati” guru atau dosen pengajar, cobalah selalu aktif saat pelajaran berlangsung. Berusahalah aktif dalam diskusi kelompok, ataupun bertanya dan memberi masukan pada saat ada sesi tanya jawab .


Sebelum kelas dimulai atau malam sebelumnya, sebaiknya pelajari materi yang akan disampaikan di kelas nanti. Cukup pelajari saja poin-poin penting dari materi tersebut, hal itu berguna untuk trigger saat guru atau dosen menjelaskan di kelas nantinya.


2. Belajar dengan giat


Tugas utama seorang pelajar tentu saja adalah belajar. Setiap pelajaran tentunya ada ujian pengambilan nilai, dan tugas yang diberikan guru atau dosen. Untuk bisa mengerjakan tugas dan ujian dengan mudah haruslah belajar sebelum itu. Pahami materi yang dipelajari, jika sudah memahami apa yang dimaksud maka untuk menguasai materi tersebut akan lebih mudah.


Buatlah jadwal belajar sendiri di rumah, sesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatanmu sehari-hari. Cari sistem belajar yang mudah untuk dilakukan dan tidak memberatkanmu, karena setiap orang memiliki cara menyerap materi pembelajaran berbeda-beda.


3. Berperilaku sopan


Sopan kepada yang lebih tua itu harus, apalagi kepada guru ataupun dosen karena mereka tak hanya menilai kemampuan akademik kita, namun juga menilai sifat dan perilaku kita. Penilaian tersebut tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah dan kampus, namun juga etika kita saat berusaha menghubungi walaupun hanya sekedar bertanya soal tugas dan materi yang diberikan. Ucapkan salam di awal dan di akhir pesan, memperkenalkan diri, kemudian menyampaikan maksud dan dan tujuan yang ingin disampaikan.


Diusahakan menghubungi saat jam kerja atau pagi hari hingga prime time (19:00). Diluar jam tersebut diusahakan jangan dilakukan, karena mereka juga memerlukan waktu untuk quality time dan melakukan aktivitas lainnya. Jangan menggunakan kalimat menggurui, karena logikanya guru lebih pintar daripada muridnya.


4. Ikut berpartisipasi kegiatan di luar kelas


Berpartisipasi bisa berupa, membantu penelitian dosen atau hanya sekedar sebagai teman diskusi. Umumnya terutama untuk dosen jika sedang melakukan penelitian akan mencari partner penelitiannya, jadilah relawan hal itu berguna juga untuk menambah ilmu. Jika berhasil dalam penelitiannya, kemungkinan besar jika ada penelitian selanjutnya anda akan diikutsertakan kembali.


Dari penjelasan diatas semoga bisa bermanfaat bagi anda sebagai pelajar. Jika dirasa sudah cukup, bantulah sahabat anda yang mengalami kesulitan, jangan sampai saling menjatuhkan antar sesama hanya karena ingin mendapatkan nilai yang bagus. Karena pada dasarnya, kita sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan seseorang, oleh karena itu tetaplah berteman baik dengan sahabat anda karena mereka itu berharga. (Latief)





Editor : Intan


7 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page