top of page
  • Writer's picturemedia arah

Telkom University Menjadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Indonesia Versi THE


Sumber : tirto.id | Grafis : Cescadeva

Arah Media – Times Higher Education (THE), sebuah Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia, baru saja merilis perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2021. Pemeringkatan oleh THE ini sudah diakui secara global.


Dilansir dari Liputan6.com, Dari 1.500 universitas, ada sembilan universitas di Indonesia yang masuk ke dalam urutan THE World University 2021. Delapan di antaranya adalah universitas negeri dan hanya satu universitas swasta yang masuk ranking, Universitas swasta tersebut adalah Universitas Telkom (Telkom University).


“Telkom University masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik versi Times Higher Education. Bahkan Telkom University menjadi Perguruan Tinggi Swasta nomor 1 di Indonesia,” ungkap Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University.


Penilaian yang dilakukan oleh THE ini terdiri dari lima indikator, yaitu pengajaran, penelitian, kutipan, penyerapan industri, dan pandangan internasional. Dari indikator tersebut, Telkom University meraih skor tertinggi pada kutipan (citation).


Penilaian indikator citation ini dilakukan dengan cara mengukur peran universitas dalam menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru. THE menghitung berapa kali sebuah perguruan tinggi dikutip oleh para sarjana secara global.


Secara keseluruhan, Telkom University termasuk ke dalam sembilan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Universitas Telkom berada di urutan ke-8 dengan skor keseluruhan sebesar 15.09 versi THE World University Ranking.


Sementara itu, di versi Kemenristekdikti dan Webometrics, Telkom University juga menjadi PTS nomor satu di Indonesia. Bahkan, Telkom University juga mendapatkan QStar 2020 bintang 5 untuk kategori online learning.(Cescadeva)



Editor : Intan


1 view0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page