top of page
  • Writer's picturemedia arah

Pernah Gagal Lolos Beasiswa? Cermati 4 Hal Berikut Ini!


Sumber : storyblocks.com ; en.wikipedia.org | Grafis : Cescadeva

Arah Media - Kuliah, baik di dalam maupun luar negeri, pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, ada banyak sekali beasiswa yang menawarkan bantuan pembiayaan kuliah, baik fully funded maupun half funded. Namun, untuk mendapatkan beasiswa memang bukanlah sebuah perkara mudah. Kemungkinan untuk gagal bisa jadi lebih besar daripada kemungkinan berhasil karena setiap beasiswa punya kuota dan kualifikasi tertentu.


Nah, jika kamu gagal dapat beasiswa dan masih ingin berjuang untuk melanjutkan studi, jangan larut dalam kesedihan. Cermati empat hal berikut ini yang kerap membuat mahasiswa sering gagal mendapatkan beasiswa.


1. Wawancara


Ini menjadi bagian yang paling sering membuat mahasiswa gagal mendapatkan beasiswa. Wawancara menjadi salah sesi paling menentukan pemberi beasiswa bagi mahasiswa. Sehingga para mahasiswa harus memiliki trik agar bisa melewati sesi ini dengan mulus.


2. Esai


Tidak jarang, sejumlah beasiswa mensyaratkan calon penerima untuk menuliskan esai. Namun, tidak jarang pula, esai yang dikumpulkan tersebut kurang meyakinkan dan membuat mahasiswa mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam menuliskan esai agar bisa mengantarkan kita pada beasiswa yang diimpikan.


3. Plagiat


Tindakan plagiarisme merupakan suatu kesalahan besar yang tidak akan dimaafkan. Apalagi tindakan tersebut dilakukan dalam proses melamar beasiswa. Hal itu tentu membuatmu akan kehilangan kesempatan tersebut. Maka dari itu, para pelamar harus menghindari segala tindakan yang berbau plagiarism.


4. Tidak punya visi


Pemberi beasiswa berharap beasiswa yang diberikan mahasiswa tersebut bisa berdampak kepada masyarakat. Sehingga, mereka bisa memberikan kontribusi baik ke masyarakat maupun negara. Jadi sebelum mendaftar beasiswa, sebaiknya para pelamar memikirkan visi-misinya.(Akhsan)






Editor : Intan


3 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page