top of page
  • Writer's picturemedia arah

Perbedaan Beasiswa Fully Funded dengan Half Funded


Sumber : surabaya.tribunnews.com | Grafis : Zaldi

Arah Media - Dalam dunia pendidikan, pasti ada yang namanya beasiswa. Singkatnya, beasiswa merupakan bantuan dana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar kepada pelajar.


Dari sekian banyaknya beasiswa yang ada dan ditawarkan, jenis beasiswa juga tak kalah banyak. Salah satunya adalah beasiswa berjenis fully funded dan half funded. Lalu, apa perbedaan di antara dua jenis beasiswa tersebut?


Beasiswa fully funded secara mudahnya berarti adalah beasiswa yang seluruh penunjang kegiatan belajar mengajarnya ditanggung oleh pihak beasiswa. Tak hanya itu, jenis ini juga biasanya menanggung untuk living cost para pelajar beasiswa. Jadi, dari uang sekolah hingga uang saku yang mungkin untuk biaya makan dan tempat tinggal akan ditanggung oleh pihak beasiswa.


Pihak beasiswa yang menerapkan fully funded cukup banyak, biasanya yang diselenggarakan oleh pemerintah. Beasiswa yang menggunakan jenis ini antara lain adalah LPDP dan Fulbright.


Untuk beasiswa jenis half funded sudah sangat jelas bertolak belakang dari penjelasan jenis beasiswa di atas. Untuk jenis ini, para penerima beasiswa hanya akan mendapatkan beberapa keringanan biaya, khususnya keringanan untuk biaya pendidikannya saja, tidak meliputi living cost. Jadi, penerima beasiswa hanya dapat bantuan keringanan biaya uang sekolah, namun untuk living cost ditanggung sendiri oleh individu.


Walaupun begitu, beasiswa half funded cukup banyak peminatnya, kebanyakan pelajar lokal yang memang tidak membutuhkan living cost. Untuk penyelenggara beasiswa jenis ini, umumnya diselenggarakan oleh pihak sekolah atau universitas yang terkait.(Latief)





Editor : Intan

65 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page