top of page
  • Writer's picturemedia arah

Nilai Plus Beasiswa Djarum


Sumber : djarumbeasiswaplus.org | Grafis : Zaldi

Arah Media--Di Indonesia, beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa cukup banyak yang dapat diketahui. Mungkin yang terkenal salah satunya Beasiswa LPDP, beasiswa plat merah yang langsung di bawah naungan Kementerian Keuangan. Namun, ada beasiswa yang terkenal dari sektor swasta, yaitu Beasiswa Djarum.


Pembedanya dengan beasiswa lainnya adalah para Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai keterampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial.


Para penerima Djarum Beasiswa Plus mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 1 juta setiap bulan selama 1 tahun. Selain dana beasiswa, para Beswan Djarum juga mendapatkan pembekalan. Beberapa pelatihan yaitu antara lain, adalah Character Building, yang dibekali 6 kualitas dasar yaitu keingintahuan, inisiatif, kegigihan, adaptabilitas, kepemimpinan, kesadaran akan isu sosial dan budaya.


Kemudian ada Leadership Development, serangkaian pelatihan yang melatih Beswan Djarum menjadi pemimpin visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi serta membawa pengikutnya menuju perubahan yang lebih baik. Setelah menerima pembekalan karakter dan kepemimpinan, Beswan Djarum mendapatkan kesempatan menerapkan soft skills yang didapat, yakni melalui program seperti Competition Challenges, Writing Competition, dan Vlog Competition.


Competition Challenges, rangkaian kegiatan kompetisi bagi sesama Beswan Djarum guna mengasah kemampuan, berani menerima tantangan, dan memiliki jiwa kompetitif yang sehat. Writing Competition merupakan ajang pembelajaran bagi Beswan Djarum yang menekankan sisi intelektual. Sebuah sarana untuk menuangkan gagasan sebagai suatu solusi yang ditawarkan dalam merespons fenomena yang muncul di negeri ini. Beswan Djarum juga dapat mengikuti Vlog Competition, yakni wahana untuk mengekspresikan kemampuan mereka dalam mengkomunikasikan ide dan pemikirannya pada suatu media digital.


International Exposure Djarum Foundation mendukung dan memfasilitasi para Beswan Djarum untuk terus berprestasi mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui berbagai kegiatan kompetisi berskala internasional. Community Empowerment Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai keterampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar terhadap masalah sosial, ekonomi atau lingkungan di sekitar tempat mereka berada.


Puncak pembekalan kepada Beswan Djarum adalah Nation Building. Sebuah soft skills yang diberikan untuk menguatkan wawasan kebangsaan Beswan Djarum tentang makna dan hakekat bangsa dan kebangsaan. Wawasan kebangsaan ini dibutuhkan Beswan Djarum sebagai bentuk kepercayaan diri dan rasa hormat diri sebagai bagian dari bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.(Latief)




Editor : Intan


2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page