top of page
  • Writer's picturemedia arah

Ketua MRPTNI : Banyak Calon Siswa Gagal Masuk Pergurun Tinggi Negeri Karena Strategi Kurang Tepat

Updated: Nov 29, 2020


Sumber : YouTube LTMPT OFFICIAL | Grafik : Naila

Medan, Arah Media – Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof Dr Jamal Wiwoho jelaskan persiapan bagi siswa sebelum mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN).


Menurut Jamal Wiwoho, mengenal minat dan kompetensi diri merupakan hal penting untuk persiapan mendaftar ke Perguruan Tinggi. Baginya, kesuksesan akademik dan daya tahan belajar selama kuliah sangat dipengaruhi oleh minat pribadi.

“Banyak siswa yang gagal masuk perguruan tinggi bukan karena kurang pintar tetapi strateginya kurang tepat dalam memilih program studi. Siswa perlu menyadari minat pribadi,”ungkapnya pada seminar daring yang diselenggarakan LTMPT, Sabtu (28/11/2020).


“Saat ini cukup banyak anak yang mengambil prodi tertentu karena desakan orang tua dan karena minat pribadinya tidak kuat, maka akan mengalami kesulitan pada saat mengikuti kuliah. Maka yakinkan bahwa kemampuan pribadi ini yang dibutuhkan,” tambahnya.


Jamal wiwoho juga menjelaskan bahwa sebelum mendaftar ke PTN sangat penting melakukan persiapan mental yang baik dengan perbanyak latihan dalam menghadapi ujian tulis pada SBMPTN dan seleksi SBMPTN.


“Biasakan diri dengan berbagai bentuk soal dengan perbanyak latihan, serta perlu sekali membangun kepercayaan diri. Jangan pernah terjebak dan percaya dengan rayuan joki untuk lolos secara instant. Yakinkan dengan membangun kepercayaan diri kalau bisa, mampu dan akan lulus”, jelasnya.


Selain itu, Jamal Wihoho mengungkapkan agar para calon pendaftar PTN harus memahami prosedur seleksi PTN yang melibatkan berbagai tahapan.(Zaldi)




Editor : Intan

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page