top of page
  • Writer's picturemedia arah

Kemendikbud: SMK Jangan Dipandang Sebelah Mata


Sumber : klik.jatim.com ; assalaam.or.id | Grafis : Cescadeva

Arah Media – Di zaman dulu, banyak orang yang berpikir jika bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pilihan terakhir. Bahkan, SMK juga sempat dianggap remeh bagi sebagian orang.


Namun, saat ini SMK sudah berkembang sangat baik, tidak sama seperti dulu. Karena, sekolah SMK sudah banyak mengalami perbaikan. “Untuk itu, SMK bukan pilihan yang dipandang sebelah mata lagi, dan bukan pilihan terakhir lagi bagi banyak orang,” ujar Direktur Mitras DUDI Kemendikbud, Ahmad Saufi dalam acara Kompas Talks pada Rabu (2/12/2020).


Dilansir dari Kompas.com, Ahmad menjelaskan jika perbaikan itu tampak terlihat dari banyaknya industri yang mau bekerja sama dengan SMK. Dengan begitu, kemampuan siswa SMK semakin bertambah dengan menyerap ilmu yang telah dipelajari dari dunia kerja dan industri.


Bila perusahaan atau dunia industri membutuhkan tenaga kerja, lanjut Ahmad, biasanya diambil dari siswa SMK. Karena, lulusan SMK memang dipersiapkan langsung untuk terjun ke dunia kerja.


“Biasanya siswa terpilih di SMK langsung bisa dapat kerja, biasanya tempat magang sebelumnya. Tapi, kebanyakan memang banyak terserap dari siswa SMK,” tegasnya.


Ia juga mengungkapkan bahwa Kemendikbud juga tak pernah berhenti untuk mendorong vokasi lebih maju dari periode-periode sebelumnya, dengan cara menginformasikannya ke media dan perusahaan-perusahaan yang telah ikut menerima siswa magang dari SMK.


Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, menjelaskan bahwa langkah peningkatan kualitas SMK juga terlihat dari usahanya yang sedang merintis kerja sama dengan beberapa Atase Dikbud di Eropa dengan tujuan agar siswa SMK maupun pendidikan tinggi vokasi bisa belajar di Eropa. “Jadi, mereka harus bisa mempersiapkan diri dalam segi hard skill maupun soft skill, agar bisa belajar di Eropa,” ujarnya.(Cescadeva)





Editor : Intan


6 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page