top of page
  • Writer's picturemedia arah

Kemenag: Kampus PTKI Harus Bisa Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa


Sumber : youtube.com | Grafis : Cescadeva

Arah Media – Pada Selasa (15/12/20) lalu, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Kemenag, M. Adib Abdushomad, menuntut Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk dapat merespon tantangan masa ini, sekaligus bisa memprediksi dan menyelesaikan tantangan di masa depan. Hal ini disampaikan dalam webinar International Collaboration Series.


Dilansir dari Kompas.com, Webinar ini diikuti sejumlah Wakil Rektor PTKI bidang Akademik dan Kerjasama, Direktur Pascasarjana, serta akademisi dari PTKI negeri dan swasta. Narasumber dalam webinar ini adalah Guru Besar dari Western Sydney University (WSU) Australia, James Arvanitakis.


Adib juga mengatakan bahwa kampus di PTKI juga harus memperkuat keterampilan teknis para mahasiswa di masa mendatang. “Pengalaman kerja selama di universitas (PTKI) perlu dipersiapkan, agar mahasiswa memiliki skill dan knowledge yang transferable dan applicable di mana saja,” ujarnya.


Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Suyitno, menyoroti tiga masalah di dunia perguruan tinggi. Yaitu, sumber daya manusia (SDM), kurikulum, dan kelembagaan (institusi). Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa Perguruan Tinggi harus memaksimalkan SDM, serta mampu mendesain kurikulum sesuai konteks zamannya, dan tidak kalah penting adalah penguatan institusi.


“Itulah kenapa saat ini Kemenag menyelenggarakan program 5.000 doktor dalam rangka penguatan SDM, baik dalam maupun luar negeri, serta program peningkatan akreditasi lembaga,” ucap Suyitno.


James Arvanitakis menambahkan, perguruan tinggi perlu menciptakan mahasiswa yang mampu berpikir kritis, pekerja keras, dan dapat bekerja sama, agar memiliki banyak keterampilan. “Untuk menciptakan generasi atau mahasiswa yang banyak keterampilan ini, maka perlu desain pembelajaran yang kontekstual, karena perubahan akan terus ada,” pungkas James.(Cescadeva)





Editor : Intan


0 views0 comments

Комментарии


Post: Blog2_Post
bottom of page