top of page
  • Writer's picturemedia arah

Jalur UTBK-SBMPTN 2021 Jadi Syarat Masuk STAN


Sumber : tangkapan layar Youtube LTMPT | Grafis : Zaldi

Arah Media – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan bahwa bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) harus lolos seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).


Dilansir dari Kompas.com, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo menyatakan, lulus dari UTBK merupakan syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, termasuk STAN. “Nilai UTBK digunakan oleh perguruan tinggi negeri untuk jalur mandiri atau sekolah kedinasan itu haknya perguruan tinggi masing-masing. Tapi, yang sudah kerjasama dengan kami adalah STAN,” ujar Budi.


Ia menjelaskan, STAN memerlukan nilai UTBK dari peserta yang lolos seleksi. Namun, skema yang lebih jelasnya akan disusun lebih lanjut. Menurutnya, STAN akan meminta nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sosial dan humaniora (Soshum) dari peserta UTBK-SBMPTN.


Tidak semua tes di UTBK, lanjutnya, akan digunakan oleh STAN. Hanya saja, STAN yang akan memilih bagian tes mana yang akan digunakan dalam menyeleksi calon mahasiswa STAN. “Itu wewenang dari STAN untuk mengambil bagian mana saja, termasuk bobot dan seperti apa itu kewenangan STAN,” terang Budi.


Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) akan menguji Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.


Sementara itu, TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA akan mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).(Cescadeva)





Editor : Intan


2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page