top of page
  • Writer's picturemedia arah

Fakultas Sains dan Teknologi Sanata Dharma Gelar Technofest 2020



Yogyakarta, Arah Media – Fakultas Sains dan Teknologi (FTS) Universitas Sanata Dharma menggelar Technofest 2020. Acara rutin tahunan ini mulai digelar sejak 11 November 2020, dan akan mencapai puncaknya pada 5 Desember 2020 mendatang.


Kegiatan dengan tema “Together with Technology Bring Equality” ini diadakan untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Fakultas Sains dan Teknologi, sekaligus sebagai sarana promosi fakultas. Hermin Wadan (20) penanggung jawab Technofest 2020 berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi dan bisa mewadahi kreativitas kaum muda.


“Kami mengangkat tema mengenai teknologi yang nantinya akan diimplementasikan dalam lomba-lomba yang kami adakan. Dimana kami ingin membantu pelajar SMA untuk mengembangkan kemampuan mereka di bidang teknologi, maupun mengembangkan teknologi itu sendiri,” ujar Hermin saat dihubungi lewat WhatsApp pada Selasa(17/11).


Rangkaian Technofest telah dimulai dengan pembukaan pendaftaran lomba yang terdiri dari lomba video pendek, lomba desain poster digital, dan lomba menulis opini. Ketiga cabang lomba ini diperuntukan bagi siswa/i SMA/SMK sederajat se Indonesia. Sementara untuk puncak acara, akan diadakan webinar sekaligus pengumuman pemenang lomba.


Sejauh ini, sudah ada 12 orang yang mendaftarkan diri sebagai peserta lomba. Salah satunya Fx Adven Surya, siswa SMA Virgo Fidelis Bawen, Semarang. Adven, begitu biasa disapa telah mendaftarkan dirinya pada perlombaan desain poster digital.


Berawal dari hobinya yang suka membuat desain sederhana, Adven akhirnya tertarik untuk mengikuti perlombaan tersebut. Sebagai siswa SMA yang jenuh dengan pembelajaran daring, Adven sering mencari-cari kegiatan diluar kegiatan sekolahnya, seperti perlombaan online, maupun kegiatan online yang bermanfaat lainnya.


“Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat membantu dalam penggunaan teknologi secara lebih bermanfaat, terutama dalam keadaan pandemi seperti ini. Kebanyakan orang hanya menggunakan teknologi untuk melihat sosmed, dan hal yang kurang bermanfaat lainnya,” ungkap siswa kelas XII MIPA ini.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seluruh rangkaian Technofest tahun ini diadakan secara online. Meski baru pertama kalinya diadakan secara online, sejauh ini tidak terdapat kendala yang berarti, selain masalah komunikasi antar panitia.


“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Saya belum tau untuk kendala kedepannya ketika acara puncak webinar akan seperti apa. Tapi saya berharap Technofest tahun ini bisa sukses walaupun dengan keadaan dan metode yang baru” ujar Hermin.(Intan)




Editor :Intan


6 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page