top of page
  • Writer's picturemedia arah

5 Prodi ini Kurang Peminat, namun Peluang Kerjanya Tinggi


Sumber: stickpng.com ; pngio.com | Grafis :Cescadeva

Arah Media - Bagi siswa SMA yang baru saja lulus, menentukan sebuah jurusan di perkuliahan merupakan salah satu yang membingungkan. Kebanyakan dari calon mahasiswa pasti akan memilih jurusan bergengsi seperti Teknik Mesin, Arsitektur, Manajemen, Ilmu Komunikasi, atau jurusan-jurusan lain yang cukup bergengsi.


Banyak dari calon mahasiswa berfikir jika memilih jurusan yang ramai peminat, maka peluang untuk kerjanya juga akan semakin tinggi. Namun, tahukah kalian jika ada jurusan yang kurang terkenal namun memiliki lapangan kerja yang tinggi? Dilansir dari Kompas.com, berikut lima jurusan yang kurang ramai peminat namun memiliki lapangan pekerjaan yang tinggi:

1. Sendratasik

Sendratasik, atau singkatan dari Seni Drama, Tari, dan Musik, adalah prodi yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Biasanya, mahasiswa lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai penari, komposer musik, seniman lukis, pemahat, penata rias, dan masih banyak lagi.


Kampus yang memiliki jurusan ini juga tidak sedikit. Antara lain ada Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas PGRI Palembang.

2. Aktuaria

Prodi yang satu ini akan mempelajari mengenai bidang matematika yang disebut Matematika Asuransi. Ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang.


Jika lulus, sarjananya bisa menjadi aktuaris. Atau bisa juga menjadi penilai, pemeriksa, dan penyidik klaim asuransi atau agen penjualan asuransi. Beberapa universitas yang menyediakan prodi aktuaria adalah Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Indonesia.

3. Oseanografi

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai fenomena laut. Kemudian, ilmu tersebut bisa diaplikasikan ke bidang rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Jurusan ini akan mempelajari banyak hal, seperti kalkulus, kimia, matematika, komputasi oseanografi, dan banyak lagi.


Universitas yang memiliki prodi ini adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Jenderal Soedirman, dan banyak lagi. Karena jumlah lulusan yang tidak banyak, maka peluang kerjanya akan jadi lebih besar, karena oseanografi merupakan bidang yang banyak dibutuhkan oleh beberapa badan ataupun perusahaan.

4. Pendidikan Luar Biasa

Jurusan ini tentu berbeda dengan jurusan dari fakultas ilmu pendidikan lain. Sebab, jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) lebih spesifik mengarah ke tenaga pengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan diajari merancang proses pembelajaran dan cara berkomunikasi sesuai dengan keperluan siswa tersebut.


Universitas yang membuka jurusan ini beberapanya adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Jika lulus, para sarjana jurusan ini akan memiliki peluang kerja yang besar. Sebab, isu disabilitas mendapatkan banyak perhatian dari pemerintah maupun masyarakat.

5. Pengobatan Tradisional

Jurusan ini berbeda dengan jurusan Apoteker. Jurusan ini cukup unik karena mahasiswanya akan mempelajari berbagai metode pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan dari alam yang tentunya kemudian diolah sendiri. Untuk pembelajaran, jurusan ini cenderung mengarah ke studi kedokteran timur, atau Traditional Chinese Medicine (TCM).


Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar bagaimana meracik obat-obat herbal dengan tanaman asli Indonesia. Selain itu, menggunakan jarum akupuntur dan teori-teorinya, teknik memijat, dan ilmu-ilmu tentang gizi juga akan diajarkan. Universitas yang membuka prodi ini cukup banyak. Misalnya, Universitas Riau, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, dan masih banyak lagi.(Cescadeva)





Editor : Intan


6 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page