top of page
  • Writer's picturemedia arah

Kegunaan Podcast Untuk Belajar Daring


Komik : Naila

Arah Media—Sudah sepuluh bulan lamanya kita telah mengalami pandemi, karena itu banyak hal yang berubah termasuk sistem pendidikan. Hal ini membuat pemberhentian pengajaran tatap muka dan kejenuhan dialami oleh sebagian besar siswa.


Banyak fitur pendukung yang sudah digunakan untuk membantu kelancaran pembelajaran sistem daring. Di antaranya ada Google Classroom, Zoom Meeting, dan Google Meet.


Selain aplikasi tersebut, sebenarnya ada satu cara yang dirasa tepat untuk keadaan pandemi saat ini, yaitu dengan podcast. Kenapa podcast dirasa tepat untuk belajar daring? Jika ditarik secara garis lurus, ciri khas dari podcast dan radio itu sama.


Beberapa ciri khas tersebut antara lain:

  1. Menciptakan Imajinasi

  2. Murah

  3. Cepat

  4. Komunikasi Personal

  5. Jangkauan luas

  6. Fleksibilitas Tinggi

  7. Anti detail


Dari beberapa ciri khas yang disebutkan itu, dapat disimpulkan bahwa podcast itu sangat cocok untuk pembelajaran dengan sistem daring. Beberapa alasan yang mungkin konkret jika disangkut pautkan dengan hal itu antara lain:


Para siswa bisa memahami materi yang dijelaskan dengan cara auditif serta bisa menumbuhkan imajinasi dan kepahaman yang dibuat oleh siswa. Secara auditif, penyampaian bisa dengan cara story telling. Hal tersebut juga bisa menambah pemahaman oleh siswa.


Podcast mempunyai keunggulan yaitu untuk menikmati siaran podcast, bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan bisa dilakukan ketika sedang melakukan aktivitas lainnya. Walaupun pandemi, kegiatan di rumah pun tak luput dari aktivitas-aktivitas yang cukup memerlukan waktu dan tenaga. Sehingga dengan kesibukan aktivitas di rumah, bisa diimbangi mendengarkan materi pelajaran.


Podcast terbilang murah karena tidak menghabiskan cukup banyak kuota internet, dibandingkan dengan harus menonton video YouTube, ataupun terus-terusan on cam di aplikasi meeting. Di sisi lain, siaran podcast bisa diulang-ulang jika materi yang disampaikan belum dipahami oleh siswa. Dengan adanya podcast, siswa juga mampu mengatur jam belajarnya dengan leluasa dan diimbangi dengan kegiatan atau aktivitas di rumah.(Latief)




Editor : Intan

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page