top of page
  • Writer's picturemedia arah

China Mulai Uji Mesin Pesawat Pengangkut Tank


Sumber : flightzona.com | Grafis : Cescadeva

Arah Media – Pesawat pengangkut seri Xian Y-20 dikabarkan mulai pengujian mesin baru WS-20 di China. Jika mesin ini sukses melakukan pengujian, maka Y-20 akan mampu mengangkut tank paling canggih di China, yaitu 99A yang beratnya mencapai 58 ton.


Dilansir dari CNNIndonesia.com, mesin yang akan digunakan adalah mesin WS-20 yang dirancang untuk memberi pesawat pengangkut yang lebih besar dan jangkauan lebih panjang. Mesin baru ini akan menggantikan mesin buatan Rusia, D-30.


Pesawat Y-20 yang dibuat oleh Xian Aircraft Industry Corporation adalah pesawat perang terbesar di armada angkatan udara China. Mesin WS-20 baru yang dirancang oleh Shenyang Aeroengine Research Institute akan meningkatkan kapasitas pesawat ini dari 55 ton menjadi 66 ton.


Mesin Shenyang WS-20 ini memiliki mesin turbofan dengan rasio bypass yang tinggi. Ahli militer Song Xinzhi mengatakan mesin baru itu dapat memberikan daya dorong yang lebih kuat, menggunakan lebih sedikit bahan bakar, serta memungkinkan Y-20 lepas landas dan mendarat di lapangan terbang dengan landasan pacu yang lebih pendek.


“Penggunaan akhirnya mesin WS-20 pada Y-20 akan memberikan pesawat kisaran operasional yang lebih lama dan kapasitas kargo yang lebih besar berkat rasio bypass yang lebih tinggi, dan thrust yang lebih besar,” ujar Xinzhi.


Mesin baru ini diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pesawat dan memungkinkannya untuk melakukan misi jarak jauh sambil membawa alat berat seperti tank tanpa perlu mengisi bahan bakar.(Cescadeva)



Editor : Intan



1 view0 comments

Comentarios


Post: Blog2_Post
bottom of page