top of page
  • Writer's picturemedia arah

5 Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Untuk Siswa SD


Sumber : surya.tribunnews.com | Grafis : Dhanty

Arah Media--Bagi siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), pembelajaran adalah kegiatan yang perlu didampingi oleh orang tua, terutama ketika mereka berada di rumah seperti saat ini. Untuk melakukan hal tersebut, orang tua tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak aplikasi belajar untuk siswa SD dan sudah tersedia secara gratis di Google Play Store.


Aplikasi pembelajaran SD bisa digunakan untuk membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Anak-anak SD diharapkan dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pembelajaran untuk siswa SD dari Arah Media.


1. Rumah Belajar


(Sumber : belajar.kemendikbud.go.id)

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi.


Pada aplikasi ini, terdapat berbagai fitur yang dapat membantu pembelajaran siswa SD seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, orang tua, dan siswa secara gratis. Selain dapat digunakan untuk siswa SD, Rumah Belajar juga dapat digunakan oleh siswa PAUD, SMP, dan SMA. Aplikasi Rumah Belajar dapat diunduh melalui Google Play Store atau tautan berikut https://belajar.kemdikbud.go.id/


2. Toon Math: Endless Run and Math Games


(Sumber : play.google.com)

Toon Math adalah game matematika yang sangat seru. Permainan ini menyajikan sebuah petualangan lari tanpa akhir di mana anak akan berlatih matematika sambil bermain. Game matematika super menarik ini adalah alat yang baik bagi orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak SD hitungan-hitungan dasar, seperti pengurangan, penjumlahan, perkalian, dan pembagian. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.


3. Marbel Belajar Budaya Nusantara


(Sumber : educastudio.com)

Aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio ini membantu anak-anak SD belajar mengenal budaya Indonesia mencakup pakaian adat, rumah adat, senjata daerah, alat musik daerah, tarian daerah, dan makanan daerah. Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam suku, budaya serta adat istiadat.


Harapannya, anak-anak SD kelak menjadi penerus bangsa bisa berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya leluhur Indonesia. Aplikasi Marbel Belajar Budaya Nusantara ini bisa diunduh di Google Play Store secara cuma-cuma.


4. Pintar Bahasa Inggris


(Sumber : play.google.com)

Aplikasi ini menyajikan pembelajaran bahasa Inggris yang mudah bagi pemula, seperti siswa SD. Di Google Play Store, rating aplikasi yang dikembangkan oleh Nofta Studio ini mencapai 4,5 dan banyak mendapatkan testimoni positif.


5. Soal Ujian SD


(Sumber : play.google.com)

Soal Ujian SD adalah sebuah aplikasi pendidikan yang berisi kumpulan soal-soal bagi siswa SD. Dengan aplikasi yang dikembangkan Solite Kids ini, siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal, baik untuk persiapan Ujian Sekolah (US), Ujian Nasional (UN), maupun sekedar menambah pengetahuan anak-anak. Aplikasi ini dilengkapi dengan permainan interaktif yang menarik sehingga anak-anak dapat belajar dengan cara yang mengasyikkan. Semua soal dibuat oleh Tim Relawan Guru SD di Solite Kids yang sudah disesuaikan dengan kurikulum yang ada di Buku Sekolah Elektronik (BSE) dari Kemendikbud.


Itulah beberapa aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh anak-anak SD. Apakah Anda tertarik mencobanya? (Akhsan)




Editor : Intan


1 view0 comments

留言

無法載入留言
似乎有技術問題。請重新連線或重新整理頁面。
Post: Blog2_Post
bottom of page