top of page
  • Writer's picturemedia arah

4 Aplikasi Pembelajaran Berbasis Game untuk Belajar di Rumah


Sumber : id.theasianparent.com | Grafis : Zaldi

Arah Media – Pada tahun ini, terdapat masalah besar yang dihadapi oleh banyak negara di dunia, yakni munculnya Covid-19. Berbagai sektor kehidupan terdampak secara signifikan, termasuk pendidikan. Munculnya Covid-19 yang sangat rentan menular menyebabkan pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan dan diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring.


PJJ bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Siswa sering kali merasa bosan dan malas ketika belajar dari rumah. Oleh karena itu, guru dan orang tua harus menerapkan strategi yang efektif agar siswa tetap semangat belajar meskipun hanya melalui gawai di rumah masing-masing. Berikut ini adalah beberapa aplikasi pembelajaran berbasis game yang diharapkan bisa memicu semangat belajar siswa.


1. Kahoot!


(sumber: youthassistingyouth.com)

Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Ini adalah permainan pembelajaran, Kahoot! menggunakan model kuis pilihan ganda yang pertanyaan dapat dibuat oleh pengguna (guru atau orang tua) dan siswa dapat mengaksesnya melalui browser, seperti Google Chrome, atau aplikasi Kahoot!.


Kahoot! bisa digunakan untuk meninjau pengetahuan peserta didik, sebagai penilaian formatif, atau sebagai pengistirahatan dari kegiatan kelas biasa. Klik tautan berikut untuk menuju Kahoot! https://kahoot.com/



2. Wordwall


(sumber: pinterest.com)

Wordwall adalah sebuah aplikasi pembelajaran yang menarik yang dapat diakses melalui browser. Aplikasi ini umumnya digunakan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Ada banyak model permainan yang bisa dikreasikan. Wordwall juga menyediakan berbagai template yang sederhana. Selain itu, hasil kreasi tersebut juga dapat dibagikan langsung melalui Facebook, Google Classroom, atau WhatsApp menggunakan tautan.


Dalam halaman Wordwall juga disediakan contoh-contoh hasil kreasi sebelumnya sehingga pengguna baru mendapatkan gambaran akan berkreasi seperti apa. Klik tautan berikut untuk membuka Wordwall https://wordwall.net/


3. Quizizz


(sumber: quizizz.com)

Quizizz merupakan sebuah web untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran (bisa digunakan untuk evaluasi pembelajaran). Quizizz sekarang bisa diakses di Google Play Store bagi pengguna android, sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly.


Penggunaan Quizizz sangatlah mudah. Pengguna akan dibagi dalam dua bagian yaitu host (pembuat soal), pembuat soal biasanya adalah seorang guru/pengajar dan Yang user (siswa) yang bergabung (join) untuk menjawab soal-soal yang sudah dibuat oleh guru.


Aplikasi interaktif ini memiliki hingga lima pilihan jawaban, termasuk jawaban yang benar. Host juga bisa menambahkan gambar latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan dengan pengaturan pertanyaan. Klik tautan berikut untuk mengakses Quizizz https://quizizz.com/


4. Educandy


(sumber: play.google.com)

Educandy merupakan aplikasi edukasi yang berbasis game. Educandy dapat diakses melalui browser. Game ini bermanfaat untuk mengurangi rasa bosan siswa saat kegiatan belajar dari rumah. Pembelajaran akan lebih bervariasi dan menyenangkan dengan Educandy.


Salah satu keunggulan Educandy adalah pengguna bisa membuat dan memberikan pertanyaan kepada siswa tanpa siswa harus membuat akun. Selain itu, tidak seperti Quizizz dan Kahoot yang hanya menggunakan model kuis interaktif pilihan ganda, Educandy menyediakan beberapa model permainan yang dapat dipilih pengguna, yaitu multiple choice (pilihan ganda), noughts & crosses (silang-bulat-silang, semacam Tic-tac-toe), crosswords (teka-teki silang), match-up (mencocokkan), dan memory (ingatan).


Pengguna hanya perlu memasukkan pertanyaan dan memilih mode permainan, Educandy akan mengubah konten tersebut menjadi kegiatan interaktif yang menakjubkan. Klik tautan berikut untuk mencoba pengalaman belajar yang menyenangkan bersama Educandy https://www.educandy.com/. (Akhsan)






Editor : Intan


0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page