top of page
  • Writer's picturemedia arah

Startup Zenius Perkenalkan Platform Manajemen Pembelajaran Gratis untuk Guru


Sumber : zenius.net ; CNBC Indonesia | Grafis : Zaldi

Arah Media - Zenius memperkenalkan platform manajemen pembelajaran guru yang diberi nama Zenius untuk Guru. Menurut edtech startup ini, platform itu dikembangkan oleh guru dan ditujukan untuk menunjang kebutuhan guru dari berbagai mata pelajaran dan segala jenjang pendidikan. Secara umum, platform ini hadir untuk mempermudah pengelolaan aktivitas pembelajaran.


"Sistem ini hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa," tutur Chief of Teachers Initiative Zenius Education, Amanda P. Witdarmono dalam keterangan resmi.


Pengembangan Zenius untuk Guru ini merupakan upaya edtech startup ini meningkatkan kompetensi pendidikan Indonesia. Terlebih di masa pandemi ini, para guru menghadapi tantangan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan para siswa. Tidak hanya mencari bahan materi belajar yang menarik, para guru juga harus membuat soal ujian yang cocok dengan tingkat kognitif dan pemahaman siswa. Belum lagi, para guru juga perlu mendesain kegiatan belajar-mengajar yang menyenangkan, memotivasi, dan mudah diterima, meski tidak bertatap muka dengan siswa.


"Dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, kami berharap guru-guru bisa memiliki waktu lebih banyak melakukan hal yang mereka kuasai: meningkatkan interaksi pembelajaran berkualitas dengan siswa, sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi tinggi," tutur Amanda melanjutkan.


Sebelum diperkenalkan secara resmi kepada publik, Zenius sendiri sudah membuka akses sistem ini ke lebih dari 6.000 guru di Indonesia. Dengan pemberian akses lebih awal tersebut, perusahaan berharap bisa memperoleh saran dan masukan dalam menyempurnakan sistem ini.


Melalui Zenius untuk Guru, para guru dapat menciptakan kelas daring (online), mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa, hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan. Kehadiran platform ini pun disambut baik antara lain oleh salah seorang guru dari SMP Negeri 2 Seputih Mataram, Komsatin. Ia ini mengatakan, media ini membuatnya bisa lebih efisien dan efektif dalam merancang materi pembelajaran yang menarik bagi siswanya.


"Media ini sangat menarik dan dapat membantu saya. Kemarin, memang sempat kebingungan waktu mencobanya. Tapi lama-lama mengerti juga, kok," jelasnya.

Platform Zenius untuk Guru ini dapat langsung diakses secara gratis melalui situs resminya. Para guru yang tertarik menggunakan dan mendaftarkan diri dapat melihat informasi lebih lanjut dari akun media sosial platform ini.(Akhsan)





Editor : Intan

1 view0 comments

Comentarios


Post: Blog2_Post
bottom of page